Sistem dan cara kerja mesin hybrid - Mautaumobil.com

 Teknologi di dunia otomotif semakin berkembang seiring waktu dimana ditandai dengan munculnya berbagai inovasi inovasi yang pada era sekarang lebih mengarah pada elektrifikasi kendaraan seperti kendaraan hybrid dan Electric Vehicle. Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan sedikit menjelaskan tentang sistem pada mobil hybrid. 

Pertanyaan awal yang muncul adalah apa sebenarnya mobil hybrid itu? Pada dasarnya mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan dua penggerak utama yaitu menggunakan mesin pembakaran konvensional dan menggunakan motor elektrik dimana menggunakan baterai tegangan tinggi sebagai sumber energi utamanya. Karena sistem hybrid ini menggunakan perpaduan penggerak, diharapkan dapat menjadikan bahan bakar menjadi lebih efisien dalam penggunaannya serta tentu saja akan lebih menghemat pengeluaran pemilik kendaraan. 

Wuling Engine Hybrid - source: mautaumobil.com

Cara kerja dari mesin hybrid ini berbeda beda sehingga dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain. 

1. Parallel Hybrid

Parallel Hybrid merupakan tipe mesin hybrid yang paling umum digunakan pada mobil, yaitu hybrid yang menggunakan power split CVT. Pada sistem hybrid ini, mobil dapat bergerak hanya dengan menggunakan sumber tenaga dari elektrik motor ataupun elektrik motor dan engine bekerja bersama sama untuk menjalankan kendaraan. Beberapa brand umum yang menggunakan tipe parallel Hybrid antara lain Toyota, Honda, chevrolet dan masih banyak lainnya. 

2. Series Hybrid

Series Hybrid sedikit berbeda dengan parallel Hybrid, dimana pada series Hybrid kendaraan hanya digerakkan oleh elektrik motor. Walaupun pada tipe series Hybrid masih terdapat konvensional engine, akan tetapi engine tersebut hanya digunakan sebagai generator untuk mencharge high voltage baterai dan tidak terhubung langsung ke roda mobil. Tipe series Hybrid ini dipakai oleh beberapa merek seperti Nissan dengan teknologi e-powernya ataupun BMW. 

3. Plug in Hybrid

Yang terakhir ini adalah tipe Plugin Hybrid. Sebenarnya yang membedakan plugin Hybrid dan Hybrid biasa adalah pada sistem pengisian energinya. Dimana pada Plugin hybrid dilengkapi dengan port untuk charging baterai dari sumber listrik eksternal. Sedangkan pada tipe hybrid biasa tidak dilengkapi dengan eksternal charging port, sehingga charging baterai hanya dapat dilakukan oleh mesin dan regenerative braking. Perbedaan lainnya adalah dari kapasitas baterai, karena plugin hybrid dapat di charge dari luar maka kapasitas baterai juga didesain lebih besar dibandingkan hybrid biasa. Namun secara kerja dari engine antara hybrid biasa dan plugin hybrid hampir sama yaitu menggunakan salah satu antara parallel hybrid ataupun series hybrid. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda ingin melakukan konsultasi, perawatan, perbaikan ataupun penanganan darurat mobil di lokasi anda (area jakarta) anda dapat menghubungi otosiaga ataupun langsung datang ke bengkel otosiaga.
Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Sistem dan cara kerja mesin hybrid - Mautaumobil.com"