Penyebab Toyota Camry 2.4 2008 tidak bisa digas - Mautaumobil.com

    Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan sharing tentang kasus pada mobil Toyota Camry 2008 dimana pemilik mobil mengeluhkan mobil toyota camry tersebut tidak bisa digas dan RPM mesin hanya bisa sampai 1.500 rpm.

Toyota Camry 2.4 2008 source: mautaumobil.com

Untuk mengetahui penyebab kerusakan maka diperlukan scan kerusakan. Hasil pembacaan dari scantool menunjukan terdapat DTC P2102 Throttle actuator A control motor circuit low. Dari deskripsi DTC tersebut menunjukan bahwa terdapat masalah pada sistem throttle body, seperti kita ketahui throttle body mempunyai peran untuk mengatur gas dengan cara mengontrol jumlah udara yang masuk kedalam mesin jadi DTC yang ditampilkan sesuai atau berkaitan dengan masalah yang terjadi pada mobil toyota camry tersebut.

DTC Throttle body camry - source: mautaumobil.com

Langkah awal dilakukan dengan membuka menu live data pada scantool dan kemudian kita amati pada bagian sensor input dan output sistem throttle body. Data yang perlu diperhatikan antara lain data dari APP sensor 1&2, throttle position, engine RPM dan MAF sensor. Dari pembacaan live data dari scantool menunjukan sensor APP dalam kondisi normal, akan tetapi terdapat error pada sensor Throttle dimana sensor throttle tidak mau terbuka ketika pedal gas dioperasikan.

Langkah selanjutnya pengecekan dilakukan dengan cara memeriksa kabel throttle control yaitu antara ECU dan throttle body. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara mengukur kontinuitas dengan multimeter dan juga dilakukan dengan mengukur sinyal yang dihasilkan oleh ECU dengan menggunakan Oschilloscope.

Pengukuran wiring - source: mautaumobil.com

Hasil pengukuran kontinuitas antara throttle body dan ECU menunjukan kondisi normal artinya kabel terhubung dengan baik antara ECU dan throttle. Kemudian pengecekan dilakukan dengan menggunakan digital storage oschilloscope atau DSO, hasil pengukuran dengan DSO tidak menunjukan sinyal output pada ECU, ini menandakan bahwa ECU tidak mengeluarkan perintah untuk membuka atau menutup throttle body. Dari kesimpulan hasil pemeriksaan tersebut dapat kita pastikan penyebab dari masalah mobil tidak bisa digas berasal dari ECU itu sendiri. Untuk perbaikan bisa dilakukan penggantian ataupun repair ECU.
 
Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah.
Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi bengkel otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta) ataupun bisa datang langsung ke bengkel otosiaga.

Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 


Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Toyota Camry 2.4 2008 tidak bisa digas - Mautaumobil.com"