Komponen High voltage pada kendaraan Hybrid dan EV - Mautaumobil.com

   Pada dasarnya mobil hybrid dan EV mempunyai beberapa persamaan pada sistem kelistrikannya. Mobil EV dan hybrid sama sama menggunakan sistem baterai tegangan tinggi sebagai sumber tenaga, yang sedikit membedakan adalah kapasitas baterai dari EV jauh lebih besar daripada mobil hybrid. Sebelum membahas tentang sistem high voltage pada hybrid maupun EV, kita perlu mengetahui dahulu dasar sistem kelistrikan pada mobil hybrid dan EV.

Pada dasarnya sistem kelistrikan pada mobil hybrid dan EV dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis sistem. Yang pertama adalah sistem kelistrikan tegangan tinggi, kemudian sistem kelistrikan tegangan rendah atau 12V system dan data komunikasi. Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan fokus membahasa tentang komponen sistem tegangan tinggi pada mobil hybrid dan EV dimana komponennya antara lain.

1. Battery pack & Battery management unit

High voltage battery atau baterai tegangan tinggi merupakan komponen yang utama pada sistem tegangan tinggi mobil hybrid ataupun EV. Baterai ini bisanya mempunyai tegangan kurang lebih antara 200 - 400 volt. Baterai ini menjadi sumber tenaga utama mobil untuk menjalankan berbagai macam fungsi mulai dari menggerakkan drive motor, charging 12V, AC compressor dan lain sebagainya. Material yang paling umum digunakan pada baterai tegangan tinggi ini biasanya menggunakan nikel metal ataupun Lithium ion. Karena fungsinya sangat vital, biasanya baterai ini dilengkapi dengan sistem pengaman untuk menjaga kondisi dari baterai tersebut yang biasanya disebut dengan battery management system (BMS) . BMS ini digunakan untuk mengatur dan memantau tegangan, arus, temperatur baterai dan juga menyimpan data kerusakan pada baterai tegangan tinggi.

Battery pack - source: mautaumobil.com

2. Power distributor unit atau contactor

Power distributor atau bisa disebut juga sebagai contactor merupakan komponen pada mobil hybrid dan EV yang berfungsi sebagai penyalur dan pembagi tegangan dari baterai tegangan tinggi ke komponen yang membutuhkan tegangan tinggi seperti inverter, AC compressor, heater dan lain sebagainya. Selain sebagai penghubung tegangan, contactor juga berfungsi sebagai pengaman karena di dalam komponen contactor terdapat fuse untuk menjaga keamanan dari sistem tegangan tinggi.

Power distributor unit - source: eaton.com

3. High voltage cable

Kabel tegangan tinggi ini digunakan untuk menyalurkan listrik bertegangan tinggi yang ada pada mobil hybrid ataupun EV. Kabel tegangan tinggi biasanya ditandai dengan warna kabel berwarna oranye dan biasanya berukuran besar. 

High voltage cable - source: ogmfreeet.live

4. Inverter & DC converter

Inverter merupakan komponen pada EV atau hybrid yang berfungsi untuk mengubah tegangan tinggi DC dari baterai pack menjadi tegangan AC tiga phase untuk menjalankan drive motor. Pada inverter juga terdapat DC to DC converter yang berfungsi untuk merubah tegangan tinggi DC menjadi tegangan DC rendah 12V yang berfungsi sebagai sumber tegangan untuk low voltage system dan juga sebagai charging baterai 12V.

Inverter - source: treehugger.com

5. Drive motor

Drive motor merupakan komponen pada EV atau hybrid yang berfungsi untuk menjalankan kendaraan. Drive motor ini menggunakan tegangan tinggi DC dari baterai yang dikonversi menjadi tegangan AC 3 phase oleh inverter. Drive motor juga bisa bekerja sebagai charging untuk baterai ketika proses pengereman kendaraan yang biasanya disebut sebagai regeneratif braking.

Electric drive motor - source: SSP 675

6. Charging port & charging unit

Charging port merupakan tempat pengisian baterai tegangan tinggi melalui alat charging. Charging port ini biasanya bisa menggunakan input DC ataupun AC tergantung unit charger yang digunakan. Charging port akan berhubungan langsung dengan charging unit sebagai pengatur distribusi charging ke baterai. Pada mobil hybrid biasa charging port ini tidak tersedia, akan tetapi pada mobil Plug-in hybrid dilengkapi dengan charging port tersebut.


Charging port - source: SSP 675

7. AC compressor

AC compressor pada mobil EV atau hybrid biasanya menggunakan listrik tegangan tinggi sebagian sumber tenaganya, berbeda dengan mobil konvensional yang mengunakan belt sebagai tenaga penggerak untuk kompresor.

AC compressor - source: SSP 675

8. Heater

Pada mobil Hybrid ataupun EV biasanya dilengkapi dengan sistem pemanas atau heater. Biasanya digunakan untuk berbagai keperluan seperti pemanas coolant ataupun pemanas kabin. Cara kerja dari heater ini juga menggunakan listrik tegangan tinggi sebagai sumber energi utamanya.

PTC heater - source: SSP 675

Mungkin selain yang telah disebutkan diatas masih ada beberapa komponen tegangan tinggi lain yang belum disebutkan, bisa jadi seiring berkembangnya teknologi juga akan semakin banyak komponen yang nantinya menggunakan sistem tegangan tinggi.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah.

Jika anda ingin melakukan konsultasi, perawatan, perbaikan ataupun penanganan darurat mobil di lokasi anda (area jakarta) anda dapat menghubungi otosiaga ataupun langsung datang ke bengkel otosiaga. 
Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah.


Terimakasih


Tidak ada komentar untuk "Komponen High voltage pada kendaraan Hybrid dan EV - Mautaumobil.com"