Honda CRV turbo tidak ada tenaga saat akselerasi dan muncul indikator check engine DTC P0344 - Mautaumobil.com

 Kali ini mautaumobil.com akan sharing tentang kasus yang terjadi pada mobil Honda CR-V turbo tahun 2019. Pada awal mulanya customer pemilik mobil mengeluhkan tenaga mesin mobil tersendat pada saat akselerasi diikuti dengan indikator check engine yang muncul. Setelah check engine muncul tenaga mesin mobil menjadi berkurang drastis dan harus dimatikan kunci kontak terlebih dahulu agar mesin kembali normal. Customer akhirnya menghubungi mekanik dari otosiaga.id untuk melakukan pemeriksaan di lokasi customer berada. Setelah berada di lokasi mekanik langsung melakukan pemeriksaan terhadap mobil Honda CR-V tersebut. 
Pemeriksaan awal dilakukan dengan memastikan kondisi mobil seperti apa yang di keluhkan oleh customer yaitu kondisi check engine yang menyala. Setelah terkonfirmasi, selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat scan untuk mengetahui kerusakan elektrikal yang menyebabkan check engine tersebut menyala. Hasil scan menunjukan bahwa terdapat masalah pada engine dengan DTC P0344 Camshaft position 'A' intermittent interruption. Dari DTC tersebut dicurigai kerusakan berasal dari sensor Camshaft bagian intake. Pengecekan selanjutnya adalah melakukan pengecekan kabel kabel pada sensor camshaft. Hasil pengecekan kabel sensor camshaft menunjukan continuitas atau hubungan yang baik pada semua kabel camshaft inintake maupun exhaust yang terhubung ke ECU. 
Pengecekan CMP sensor - source: mautaumobil.com

Karena kondisi kabel bagus, berarti kemungkian kerusakan berasal dari sensor camshaft itu sendiri ataupun masalah ECU. Untuk opsi yang paling mudah adalah dengan menukar posisi sensor camshaft intake dan sensor camshaft exhaust. Setelah dipindah posisi, jika kerusakan berpindah dari yang semulanya terbaca kerusakan pada bagian intake kemudian berpindah ke bagian exhaust maka dapat dipastikan kerusakan berasal dari sensor. 

CMP sensor Honda CRV - source: mautaumobil.com

Setelah ditukar dan DTC dihapus, kemudian team melakukan test untuk memastikan kondisi mobil setelah sensor ditukar. Saat dilakukan test drive, check engine kembali muncul kembali seperti yang dikeluhkan customer. Kemudian lagi kita lakukan scan ulang dan menunjukan DTC yang masih sama seperti sebelumnya yaitu  DTC P0344 Camshaft position 'A' intermittent interruption yang mana artinya sensor camshaft tidak mengalami masalah dan harus dilakukan lagi pemeriksaan lanjutan. Karena memang dirasa tidak ada yang aneh dengan kondisi mesin mobil, mekanik kemudian menggali informasi tentang mobil dan ternyata didapatkan informasi dari customer bahwa sebelumnya mobil pernah dilakukan penggantian busi dengan busi non standar. Dari beberapa sumber mengatakan bahwa busi nonton standar pabrikan pada beberapa mobil Honda CR-V dapat menyebabkan mesin mobil seperti tersendat dan muncul check engine.
Akhirnya diputuskan untuk melakukan penggantian ke empat busi menggunakan busi standar pabrikan Honda. Setelah penggantian kemudian reset DTC dan mekanik melakukan test drive, hasilnya setelah ditest lama dan dilakukan akselerasi beberapa kali check engine tidak lagi muncul dan tenaga mesin kembali normal. Kesimpulan dari kasus Honda ini adalah terkadang DTC atau diagnostic trouble codes tidak bisa selalu dijadikan acuan untuk mendiagnosa kerusakan, dibutuhkan juga common sense dan informasi dari sumber lain untuk menyelesaikan masalah terutama masalah elektrikal mobil. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi bengkel otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta) ataupun bisa datang langsung ke bengkel otosiaga.
Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Honda CRV turbo tidak ada tenaga saat akselerasi dan muncul indikator check engine DTC P0344 - Mautaumobil.com"