Penyebab mesin getar dan pincang pada Mercedes-Benz W204 C200 mesin M271 - Mautaumobil.com

 Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan sharing kasus yang cukup sering terjadi pada mobil Mercedes Benz C class W204 dengan kode engine M271. 

Mercedes Benz W204 dibekali dengan beberapa tipe engine seperti M271 dan M272, dimana pada artikel ini akan membahas tentang kasus yang terjadi pada tipe engine M271.

Salah satu kasus yang sering dikeluhkan oleh pemilik mobil Mercedes Benz C class W204 adalah mesin pincang dan getar serta muncul indikator check engine. (Baca juga: penyebab start mobil panjang dan muncul indikator check engine pada Mercedes benz C class

Untuk mengetahui penyebab dari munculnya gejala tersebut, maka diperlukan pemeriksaan menggunakan alat scan. Pada kesempatan kali ini mekanik menggunakan alat Scan Authorized Mercedes benz yaitu Xentry stardiagnosis

Hasil pengecekan menggunakan scan tool menunjukan hasil sebagai berikut:

W204 engine misfire - source: mautaumobil.com

Dari hasil pembacaan alat scan menunjukan bahwa kerusakan berasal dari sistem pengapian atau engine misfire. Komponen pada sistem pengapian meliputi Busi, koil, ECU. Selain faktor elektrikal, penyebab engine misfire juga bisa disebabkan oleh kerusakan mechanical seperti kompresi bocor, salah timing, kebocoran udara dan lain sebagainya. 

Pemeriksaan awal dilakukan dengan memeriksa api yang di hasilkan oleh busi. Dari hasil pemeriksaan menunjukan bahwa tidak ada api yang dihasilkan pada busi cylinder nomer 1. Sehingga dapat dipastikan penyebab misfire berasal dari komponen elektrik antara koil, busi kabel, ataupun dari ECU itu sendiri. 

Selanjutnya adalah memastikan kerusakan berasal dari koil atau pengontrol nya yaitu ECU. Pengecekan dilakukan dengan cara menukarkan koil cylinder nomer 1 dengan koil cylinder lain yang dipastikan dalam kondisi normal. 

Setelah ditukar antara koil cylinder no 1 dengan Koil cylinder no 2 ditemukan hasil bahwa kerusakan misfire tetap terjadi pada cylinder no 1 , hal ini menunjukan bahwa kerusakan terjadi pada sistem pengontrol koil. Analisa semakin mengerucut dengan menyisakan kemungkinan kerusakan antara wiring koil dan ECU. Untuk memastikan kondisi wiring koil dalam kondisi normal, dilakukan pengukuran kontinuitas kabel. Hasil pengukuran menunjukan kontinuitas kabel dalam kondisi baik, sehingga dapat dipastikan penyebab terjadinya pincang atau misfire pada mesin adalah kerusakan pada ECU. 

ECU C200 W204 - source: mautaumobil.com

Karena harga ECU Mercedes benz lumayan mahal, sehingga customer memutuskan untuk dilakukan repair pada ECU tersebut. Setelah dilakukan repair, mesin mobil kembali normal seperti sebelumnya. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan, silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, an dapat menghubungi bengkel otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta) ataupun bisa datang langsung ke bengkel otosiaga.
Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab mesin getar dan pincang pada Mercedes-Benz W204 C200 mesin M271 - Mautaumobil.com"