Penyebab Chevrolet Spin 1.2 Tidak ada tenaga muncul kode 89 dan indikator engine panah kebawah - Mautaumobil.com

 Chevrolet Spin merupakan mobil yang cukup laris pada masanya, dengan tiga tipe mesin yaitu 1.2L bensin, 1.3L diesel dan 1.5L bensin memberikan banyak pilihan bagi konsumen dalam memilih kendaraan. Pada kali ini mautaumobil.com akan sharing tentang salah satu kasus yang terjadi pada Chevrolet spin khususnya yang menggunakan mesin 1.2L bensin dimana mobil tersebut mengalami masalah tidak ada tenaga, muncul kode 89 dan indikator engine gambar panah kebawah. 

Kode 89 chevrolet spin - source: mautaumobil.com

Awal kronologinya adalah ketika customer sedang mengendarai mobil Chevrolet spin pada tengah malam tiba tiba mobil tidak bisa ada tenaga RPM hanya mentok di angka 2000 RPM. Selain itu juga muncul kode 89 serta indikator engine gambar panah kebawah. Karena kondisi mobil tidak memungkinkan untuk jalan akhirnya mobil sementara di pinggirkan. Tak lama pemilik mobil menghubungi otosiaga.id untuk berkonsultasi masalah mobil miliknya. Dari team otosiaga.id mengarahkan untuk melakukan pengecekan pada air dan oli mesin, setelah memastikan kondisi oli dan air radiator dalam kondisi normal, customer memutuskan untuk membawa pulang mobilnya karena memang lokasi rumah tidak terlalu jauh. 

Keesokan harinya customer menghubungi kembali otosiaga.id untuk melakukan pemeriksaan mobilnya dan memastikan penyebab kerusakan. Team otosiaga.id datang ke rumah customer dan langsung melakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat scan. Hasil scan menunjukan terdapat DTC P2101 Throttle actuator position performance dan P0223 Throttle position sensor 2 circuit high voltage.

DTC P2101 dan P0223 - source: mautaumobil.com

Hasil dari pembacaan DTC tersebut mengarah pada throttle body sehingga diperlukan pengecekan fisik secara langsung. Hasil pengecekan secara fisik menunjukan bahwa kondisi throttle body sangat kotor sehingga perlu dibersihkan.

Throttle cleaning - source: mautaumobil.com

Setelah dibersihkan, throttle body kembali dipasang dan dilakukan proses learning untuk mensetting throttle ke posisi awal. Setelah learning mobil terlihat normal, kemudian dilakukan test drive. Akan tetapi ketika test drive dilakukan masalah tidak ada tenaga dan kode 89 dan indikator menyala kembali muncul sehingga diputuskan untuk melakukan pengecekan ulang pada kabel kabel throttle body. 

Setelah dilakukan pengukuran kabel kelistrikan pada throttle body, hasilnya menunjukan kabel pada throttle body normal. Akhirnya diputuskan untuk melakukan penggantian pada throttle body unit. Setelah penggantian throttle body, seperti sebelumnya perlu dilakukan proses learning untuk mengenalkan throttle body dan ECU. Selanjutnya kembali melakukan test drive untuk memastikan masalah tidak muncul kembali. Hasil test drive yang kedua ini menunjukan hal positif dimana problem tidak lagi muncul dan mobil sudah kembali normal. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi bengkel otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta) ataupun bisa datang langsung ke bengkel otosiaga.
Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih. 

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Chevrolet Spin 1.2 Tidak ada tenaga muncul kode 89 dan indikator engine panah kebawah - Mautaumobil.com"