VW Polo 1.4 mesin bisa start tidak mau hidup tidak ada DTC - Mautaumobil.com

       Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan sharing tentang kasus VW polo 1.4 bisa start tapi mesin tidak hidup. Awalnya Pemilik mobil mengeluhkan mobil vw polo miliknya tidak bisa hidup karena sudah sekitar 1 minggu tidak dihidupkan, sehingga pemilik mobil langsung menghubungi otosiaga.id untuk dilakukan pemeriksaan terhadap mobilnya. 

Setelah mekanik datang, pengecekan mobil langsung dilakukan. Pemeriksaan diawali dengan mengkonfirmasi gejala yang dikeluhkan customer yaitu mobil bisa start tapi mesin tidak hidup. Setelah dikonfirmasi gejalanya sesuai dengan apa yang dikeluhkan, selanjutnya mekanik melakukan pemeriksaan dengan scantool untuk mendapatkan gambaran kerusakan yang terjadi pada mobil. Setelah dilakukan scan, ternyata tidak ada DTC yang tersimpan pada mobil tersebut, yang artinya secara elektrikal sistem mobil tersebut dalam keadaan normal. Selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan secara langsung pada mesin. Seperti kita ketahui bahwa syarat mesin bensin dapat menyala ada beberapa antara lain adanya bahan bakar, udara, api, kompresi dan timing yang sesuai. 

Pengecekan VW Polo - source: mautaumobil.com

Pertama tama mekanik melakukan pemeriksaan dari yang paling mudah yaitu memeriksa jalur udara dan sensor sensor udara, hasil pemeriksaan menunjukan kondisi normal. Selanjutnya adalah pengecekan pada bagian timing karena untuk vw polo pengecekan timing belt cukup mudah dijangkau, hasil pengecekan menunjukan timing belt normal. Selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada bahan bakar yang masuk ke mesin, hasil pemeriksaan menunjukan normal yang artinya bahan bakar di suplai ke mesin dengan normal akan tetapi belum bisa diketahui apakah ada masalah pada injector atau tidak.

Selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada koil dan busi, pada tahap ini kita dapat mengetahui apakah injector bekerja atau tidak dengan cara melihat kondisi busi. Jika kondisi busi basah, menandakan bahwa injector bekerja normal karna menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Selanjutnya adalah pengetesan koil dan busi, hasil pengetesan menunjukan bahwa busi dan koil bekerja dengan normal. Langkah terakhir adalah melakukan pengecekan pada kompresi mesin, pada tahap ini mekanik membutuhkan alat test kompresi untuk mengetahui nilai kompresi masing masing cylinder pada mesin. Nilai kompresi normal pada mesin bensin berada di angka 9 - 15 bar. Pada kasus mobil ini, hasil pengukuran kompresi pada masing masing cylinder mesin menunjukan hasil rata rata di angka 6 bar, yang mana angka tersebut berada di bawah batas standar kompresi. 

Angka kompresi yang kecil pada mesin menunjukan terdapat kebocoran kompresi yang mana berarti terdapat kerusakan secara mekanikal di dalam mesin. Karena untuk kondisi darurat, mekanik menambahkan oli kedalam cylinder untuk meningkatkan tekanan kompresi nya. Akhirnya setelah beberapa saat start, mesin kembali menyala. Dari kondisi tersebut mekanik menarik kesimpulan bahwa ada masalah pada ring piston yang tidak rapat, sehingga ketika terkena oli ring piston kembali rapat dengan cylinder. Mekanik memberikan penjelasan kepada customer jika kejadian seperti itu terulang lagi makan disarankan untuk dilakukan overhaul engine. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi bengkel otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta) ataupun bisa datang langsung ke bengkel otosiaga.
Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 


Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "VW Polo 1.4 mesin bisa start tidak mau hidup tidak ada DTC - Mautaumobil.com"