Review Hantek 2D42 Oscilloscope portable untuk cek elektrikal mobil - Mautaumobil.com

 Pada kesempatan kali ini mautaumobil akan mereview alat yang sangat berguna untuk melakukan pengecekan elektrikal mobil, terutama untuk mobil mobil eropa dan mobil mobil terbaru yang mana sudah menggunakan sinyal atau data communication seperti CAN bus, LIN bus, PWM signal dan lain sebagainya yang mana sistem tersebut digunakan sebagai pengganti dari kabel kabel konvensional. 

Oscilloscope portable - source: makeradvisor.com

Alat ini bernama Oscilloscope dan kebetulan yang akan direview kali ini Oscilloscope merek Hantek 2D42.

Untuk spesifikasi dari Hantek 2D42 ini adalah sebagai berikut. 

Spek Hantek 2D42 - source: tokopedia.com

Untuk spesifikasi lebih lengkap silahkan cari di google. 

Jadi selain sebagai Oscilloscope dua channel, Hantek 2D42 ini bisa digunakan sebagai Digital multimeter dan juga bisa digunakan sebagai signal generator untuk melakukan pengetesan komponen pada tegangan tertentu. 

Dalam satu paket Hantek 2D42 terdapat Pocket, 2 Kabel probe capit Oscilloscope, satu kabel probe, ring ring penanda probe, sepasang kabel DVOM, serta satu kabel charger. Secara tampilan Hantek 2D42 ini terbilang simple dan mudah di bawa kemana mana, build quality lumayan kokoh.

Hantek 2D42 - source: hantek.fr

Pada kesempatan kali ini kita melakukan pengujian penggunaan Oscilloscope Hantek 2D42 untuk membaca CAN bus. 

Untuk dapat membaca CAN high dan CAN low, kita perlu mengaktifkan kedua channel pada Oscilloscope. Kemudian hubungkan kedua kabel positif pada pin 6 dan pin 14 serta kabel negatif langsung ke ground body. 

Hasilnya terlihat bahwa Hantek 2D42 dapat digunakan untuk melihat signal pada CAN bus terlihat seperti gambar di bawah. 

CAN bus testing - source: mautaumobil.com

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, untuk pengecekan signal signal lain mungkin akan di bahas di artikel lain. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda ingin melakukan perawatan, perbaikan ataupun konsultasi tetang mobil, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta). Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih


Tidak ada komentar untuk "Review Hantek 2D42 Oscilloscope portable untuk cek elektrikal mobil - Mautaumobil.com"