Penyebab start kosong dan Check engine tidak menyala saat on pada Chevrolet Captiva diesel FL

 Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan share tentang kasus mobil Chevrolet Captiva diesel FL dimana mobil tersebut tidak bisa start dan indikator check engine tidak muncul ketika posisi kunci kontak ON. 

Pada awalnya customer mengeluhkan mobil tidak bisa start kemudian memanggil mekanik untuk melakukan pemeriksaan langsung di lokasi customer. 

Pengecekan awal dilakukan dengan memeriksa bagian baterai dan kabel kabel baterai. Karena pemeriksaan secara fisik bagus, maka dilanjutkan dengan pemeriksaan elektrikal dengan menggunakan scanner untuk mengetahui DTC yang tersimpan pada module kendaraan. Hasil scan tidak menunjukan adanya DTC pada mobil, akan tetapi terdapat kejanggalan yaitu module engine tidak terdeteksi. 

Selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada fuse dan relay untuk memastikan tidak ada arus listrik yang terputus, hasil pemeriksaan menunjukan bahwa kondisi fuse dan relay normal. Akan tetapi ketika kunci kontak di posisi ON normalnya arus listrik akan mengalir ke fuse CRANK akan tetapi tidak ada arus yang mengalir ke fuse teresbut.

IP fusebox Captiva - source: youtube.com

Setelah mengetahui bahwa tidak ada supply tegangan yang mengalir menuju RUN relay, selanjutnya adalah mencari tahu jalur dari sistem RUN relay atau KR73 dengan menggunakan wiring diagram. Berikut merupakan wiring diagram power moding Chevrolet Captiva C140. 


Wiring main relay captiva fl - source: mautaumobil.com

Setelah melihat diagram kelistrikan, fuse tersebut harusnya mendapat supply dari RUN relay yang di kontrol oleh body control module (BCM). Setelah pengecekan, diketahui terdapat korosi pada bagian shocket BCM yang mengakibatkan perintah dari BCM tidak tersalurkan ke Main ignition relay. 

BCM Captiva FL - source: https://postlmg.cc
Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta). Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab start kosong dan Check engine tidak menyala saat on pada Chevrolet Captiva diesel FL "