Fungsi module Central Gateway (CGW), module penerjemah yang mempunyai peran vital di mobil - Mautaumobil.com

 Mobil mobil terbaru menggunakan teknologi data communication untuk melakukan berbagai macam pertukaran data antar module. Pada beberapa module module yang mempunyai peran vital seperti Module ABS, ECM dan transmisi, biasanya menggunakan kabel komunikasi kecepatan tinggi atau biasa disebut dengan CAN Bus High Speed, ada juga pertukaran data antar module interior yang menggunakan CAN bus Low speed, selain itu pada media infotaiment juga menggunakan single wire  communiction, ataupun ada beberapa module yang menggunakan LIN bus sebagai data communication. 

Dari berbagai macam jenis data communication tersebut muncul satu pertanyaan, bagaimana cara berbagai jenis data communication tersebut agar dapat saling bertukar data? Terutama untuk mobil mobil yang sudah menggunakan sistem ADAS, pasti pertukaran data antar jenis data communication tersebut sangat diperlukan. Oleh karena itu diperlukan suatu jembatan atau intepreter yang dapat menerjemahkan bahasa bahasa dari setiap data komunikasi yang ada supaya dapat digunakan oleh semua module. 

Yap, Module Central Gateway atau CGW Module. Module ini akan menjembatani pertukaran data pada tiap tiap module yang menggunakan jenis data communication yang berbeda sehingga sistem dapat bekerja sesuai semestinya. 

Seperti contoh pada sistem ADAS Adaptive cruise control, dimana sistem tersebut membutuhkan data dari banyak sensor dan module sperti sensor parkir atau radar, serta data module rem, data dashboard dan data transmisi. Dari berbagai sistem tersebut, CGW module akan menjadi jembatan pertukaran informasi secara cepat sehingga sistem Adaptive cruise control dapat bekerja secara akurat dan real time. 

Topology central gateway - source: mautaumobil.com

Bagaimana jika module CGW bermasalah? Pada beberapa kasus module CGW bermasalah akan menyebabkan komunikasi akan terganggu sehingga mengakibatkan mesin tidak bisa hidup. Demikian beberapa penjelasan tentang module CGW yang mana module tersebut merupakan module yang mempunyai peran sangat vital akan tetapi secara bentuk terlihat biasa saja. 

Module Gateway biasanya terpisah dengan module lain, akan tetapi pada beberapa mobil ada module module tertentu yang memiliki peran sekaligus sebagai gateway contohnya BCM dan Instrument panel. 

Berikut merupakan contoh module gateway yang terpisah dari module lain

Module gateway - source: allegrolokalnie.pl

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda ingin melakukan konsultasi, perawatan, perbaikan ataupun penanganan darurat mobil di lokasi anda (area jakarta) anda dapat menghubungi otosiaga ataupun langsung datang ke bengkel otosiaga.
Silahkan hubungi BENGKEL OTOSIAGA alamat Jl. Penyelesaian Tomang 1 Blok 32 No. 33, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih


Tidak ada komentar untuk "Fungsi module Central Gateway (CGW), module penerjemah yang mempunyai peran vital di mobil - Mautaumobil.com"