Chevrolet Trax tidak ada tenaga saat digas dan muncul indikator service soon - Mautaumobil.com

 Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan sharing tentang kasus mobil chevrolet trax yang mengalami ngempos atau tidak ada tenaga saat digas atau akselerasi serta muncul indikator mobil kunci serta peringatan "service soon" pada dashboard mobil. 

Indikator service soon - source: mautaumobil.com

Customer pada awalnya mengalami kondisi tersebut saat sedang berkendara dijalan dengan kecepatan standar, kemudian saat akselerasi tiba tiba tenaga mobil berkurang serta mucul indikator service soon, akan tetapi mobil masih normal saat dipakai hanya tenaga saja yang berkurang. Customer kemudian menghubungi bengkel otosiaga.id untuk melakukan pemeriksaan di rumah. 

Pengecekan dilakukan oleh teknisi dengan menggunakan scan tool untuk mengetahui penyebab dari masalah tersebut. Hasil dari scan tersebut menunjukan terdapat masalah pada sistem turbo dengan DTC P2261 Turbocharger bypass valve stuck. Untuk mengetahui sistem dan cara kerja bypass valve turbo silahkan baca artikel fungsi bypass valve turbo

DTC 2261 trax - source: mautaumobil.com

Selanjutnya adalah melakukan diagnosa menggunakan vacum tester untuk mengetahui apakah terdapat kebocoran pada sistem vacum pada solenoid bypass turbo.

Test vakum turbo - source: mautaumobil.com

 Setelah melakukan test kevakuman, terlihat bahwa tidak ada vacum pada jalur vacum dari solenoid ke bypass valve turbo, artinya terdapat kebocoran pada jalur vakum tersebut. Selanjutnya adalah pengecekan secara visual jalur vakum turbo tersebut dan tidak didapati kebocoran. Akhirnya diputuskan untuk membuka bypass valve turbo untuk mengetahui kondisi di dalamnya. Setelah membuka bypass valve turbo, diketahui bahwa kondisi dari diafragma pada bypass valve turbo mengalami sobek yang mengakibatkan bypass valve turbo tidak bekerja. 

Bypass valve turbo - source: mautaumobil.com

Diafragma bypass valve turbo tersebut tidak dijual terpisah akan tetapi jadi satu dengan turbo assy, mau tidak mau harus mengganti turbo satu set. Customer pemilik mobil berinisiatif untuk membeli sendiri diafragma bypass valve tersebut dari luar negeri untuk mendapatkan harga yang lebih murah. 

Setelah diafragma valve turbo sampai, team otosiaga.id langsung memasang valve tersebut dan melakukan scan ulang pada kendaraan untuk memastikan tidak ada DTC yang tersisa. Setelah pemasangan dan reset DTC, mobil harus ditest jalan untuk memastikan kerusakan tidak muncul kembali. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan bisa bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta).

Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Chevrolet Trax tidak ada tenaga saat digas dan muncul indikator service soon - Mautaumobil.com"