Penyebab indikator top up coolant menyala pada mercedes benz GLE400 dan E400 engine 276 - Mautaumobil.com

    Top up coolant merupakan indikator yang menandakan bahwa air radiator pada mesin mobil dalam kondisi dibawah standar atau kurang sehingga diperlukan penambahan atau top up pada air radiator. Indikator ini sering ditemukan pada mobil mobil Mercedes benz, salah satu yang sering ditemui adalah pada tipe mobil Mercedes benz GLE400 atau pun E400 dimana pada mobil tersebut menggunakan tipe mesin m276. Pada kondisi normal, seharusnya air radiator pada mesin tidak akan berkurang secara signifikan, air radiator yang kurang menandakan bahwa terdapat kebocoran pada sistem pendingin mobil seperti yang sering terjadi pada mobil Mercedes benz dengan tipe mesin m276. 

Customer pemilik mobil Mercedes benz GLE400 mengeluhkan indikator top up coolant menyala, kemudian customer melakukan pengecekan langsung pada tabung reservoir radiator dan ditemukan bahwa kondisi tabung dalam kondisi kosong. Customer langsung menambahkan air radiator kemudian langsung membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan.


Prosedur pemeriksaan diawali dengan pemeriksaan secara visual akan tetapi tidak terlihat kebocoran. Kemudian pemeriksaan dilanjutkan dengan menggunakan radiator pressure tester. Hasilnya adalah terlihat kebocoran air radiator yang bersumber pada area depan mesin yang mana posisi kebocoran diperkirakan berasal dari waterpump. Karena kondisi waterpump yang tertutup oleh intercooler, maka perlu dilakukan pembakaran terlebih dahulu pada intercooler untuk memastikan lokasi kebocoran. Setelah intercooler dilepas, dapat terlihat kondisi waterpump yang mengalami kebocoran. Kebocoran pada waterpump ini biasanya berasal dari As waterpump itu sendiri, sehingga akan sangat sulit jika dilakukan repair waterpump, jadi solusinya adalah mengganti waterpump set beserta packing waterpump. Selain itu perlu diperhatikan pula komponen lain seperti thermostat, connector selang dan seal seal dalam kondisi baik, jika terdapat indikasi kerusakan sebaiknya turut serta diganti untuk meminimalisir pekerjaan berulang. 

Bocor Waterpump GLE400 - source: mautaumobil.com

Proses penggantian waterpump diawali dengan membuka v belt kemudian melepes throttle body, kemudian melepas pulley pulley idle dan juga melepas thermostat. Jika semua komponen yang bersinggungan dengan waterpump sudah terlepas maka tinggal melakukan penggantian pada waterpump. 
Berikut kondisi waterpump setelah dilepas. 

Waterpump M276 bekas - source: mautaumobil.com

Kondisi waterpump baru original

Waterpump M276 baru - source: mautaumobil.com

Pasang kembali semua komponen yang telah dibuka sesuai dengan kondisi awal. Isi coolant dengan standar Mercedes benz agar kondisi waterpump lebih awet. Jangan lupa lakukan pengetesan jalan untuk memastikan mobil dalam kondisi normal dan tidak terjadi overheat. 


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta).
Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab indikator top up coolant menyala pada mercedes benz GLE400 dan E400 engine 276 - Mautaumobil.com"