Apa itu bypass valve turbo? Apa bedanya dengan blow off turbo? - Mautaumobil.com

 Turbocharger merupakan sistem untuk meningkatkan performa mesin dengan cara meningkatkan tekanan pada udara yang masuk ke mesin menggunakan putaran baling baling turbo yang di gerakkan oleh gas buang. (Baca juga: cara kerja turbocharger system). 

Pada saat akselerasi, throttle valve akan terbuka dan tekanan di dalam pipa pipa turbo serta intake manifold akan meningkat secara signifikan karena tekanan dari turbo. Akan tetapi pada saat deselerasi, throttle valve akan tertutup sedangkan tekanan udara yang dihasilkan oleh turbo charger akan terus dipompa ke dalam mesin dan terhambat oleh throttle valve yang tertutup tersebut. Akibatnya, tekanan pada pipa pipa turbo sebelum melewati throttle valve akan meningkat drastis dan dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen seperti pipa pipa turbo yang pecah, intercooler bocor, ataupun kerusakan pada kipas turbo itu sendiri. Maka dari itu tekanan tersebut harus dibuang untuk mengurangi resiko kerusakan lebih lanjut. 

Metode untuk membuang tekanan turbo tersebut dilakukan dengan dua cara yaitu membuang tekanan ke bagian pipa sebelum masuk ke turbo (bypass valve) atau membuang langsung ke udara luar (blowoff valve). 

Sistem kerja bypass valve dan blowoff valve hampir sama. BPV dan BOV di kontrol oleh ECM dengan menggunakan vakum solenoid ataupun dengan motor, yang membedakan hanya pembuangan tekanan turbo dimana BPV tekanan udara berlebih dimasukan lagi ke dalam mesin sedangkan BOV tekanan berlebih tersebut dibuang ke udara luar. 

Berikut aliran udara pada sistem bypass valve turbo

Sistem BPV - source: www.volume-demenagement.fr

Berikut aliran udara pada sistem blowoff valve turbo

Sistem BOV - source: www.igotasti.com

Kelebihan penggunaan BPV dibandingkan penggunaan BOV adalah pembakaran mesin lebih sempurna karena udara yang masuk ke mesin jumlahnya tetap sama dan tidak berkurang seperti yang terjadi pada BOV. 

Sedangkan kelebihan penggunaan BOV adalah turbo akan menghasilkan suara yang lebih galak dan disukai oleh para penggemar turbo. Oleh karena itu BOV sering digunakan sebagai aksesoris tambahan untuk part part racing. Namun kekurangan dari BOV tersebut tentu saja pembakaran menjadi kurang sempurna karena udara yang sudah terbaca oleh sensor dibuang ke luar, pada beberapa mobil dapat mengakibatkan check engine menyala dengan  DTC fuel trim lean. 

Sekian artikel pada kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda ingin melakukan perawatan, perbaikan ataupun konsultasi tetang mobil, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta). Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Referensi:

Tidak ada komentar untuk "Apa itu bypass valve turbo? Apa bedanya dengan blow off turbo? - Mautaumobil.com"