Penyebab bagasi VW tiguan tidak bisa terbuka - Mautaumobil.com

      Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan share tentang kasus pada mobil vw tiguan dimana pintu bagasi belakang tidak bisa terbuka. Pada dasarnya hampir semua mobil vw mempunyai karakteristik lock bagasi yang serupa sehingga kasus kasus yang terjadi pada vw tiguan, golf, polo dan lainnya penyebabnya hampir sama.

Pada mulanya pemilik mobil vw tiguan mengeluhkan bagasi mobilnya tidak bisa terbuka dan terdengar ada suara kasar saat tombol pintu bagasi ditekan. Untuk mencari penyebabnya langkah pertama yang dilakukan oleh teknisi adalah membuka pintu bagasi secara darurat dari dalam mobil yaitu dengan menggunakan obeng kecil yang dimasukan ke lubang pembuka bagasi yang berada didalam bagasi kemudian menggeser tuas yang ada di dalam lubang tersebut.

Lock bagasi vw tiguan - source: mautaumobil.com

     Setelah pintu bagasi terbuka, langkah selanjutnya adalah membuka trim cover bagasi agar dapat menjangkau bagian motor lock bagasi. Setelah trim terbuka lakukan pengetesan pada motor lock bagasi langsung. Dari hasil pengecekan diketahui bahwa ada bunyi pada motor lock bagasi saat tombol bagasi ditekan, artinya sistem kelistrikan pada motor lock bagasi normal dan tidak ada masalah pada perkabelannya sehingga dapat dipastikan masalah berasal dari motor lock bagasi itu sendiri. Teknisi kemudian melepas komponen motor lock bagasi menggunakan kunci M8 dan melepas shocket kabel motor lock bagasi.

Untuk lebih memastikan kerusakan pada motor lock bagasi, teknisi melakukan pembongkaran komponen pada motor lock bagasi. Setelah melakukan pembongkaran, ditemukan kerusakan pada bagian gigi ulir penggerak motor lock bagasi seperti ditampilkan berikut.

Motor lock tailgate vw tiguan - source: mautaumobil.com

Gigi ulir tersebut terbuat dari material plastik yang sudah berumur dan rapuh, Dengan kondisi tersebut maka akan cukup sulit untuk melakukan repair pada motor lock bagasi tersebut, sehingga harus melakukan penggantian komponen motor lock bagasi utuh.

Motor tailgate assy - source: tokopedia.com

Setelah melakukan penggantian motor lock bagasi, kondisi bagasi sudah kembali normal seperti semula.


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah.

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta).
Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 


Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab bagasi VW tiguan tidak bisa terbuka - Mautaumobil.com"