Teori dan cara kerja sistem AC pada mobil - Mautaumobil.com

Pengertian AC (Air conditioning)

     Air conditioning atau AC merupakan alat yang digunakan untuk mengatur atau mempertahankan temperatur, kelembaban dan kebersihan udara dalam suatu ruangan. AC dapat membuat temperatur di dalam suatu ruangan menjadi dingin ataupun panas sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan serangkaian proses dan sistem untuk merubah atau mengatur suatu suhu di dalam ruangan. 
Namun pada artikel kali ini kita akan lebih fokus untuk membahas bagaimana sistem dan cara kerja dari AC yang ada pada kendaraan. 

Sistem AC mobil - source: mautaumobil.com

Komponen sistem AC mobil

1. Freon atau refrigerant
Freon adalah inti utama dari sistem AC, yaitu suatu gas yang dapat dengan mudah menyerap panas diarea sekitar. Dengan memanfaatkan sifat alami dari freon, maka terbentuklah sistem AC yang biasa kita pakai sekarang. Freon mempunyai beberapa tipe, namun yang paling umum digunakan pada sistem AC mobil sekarang ini adalah freon r134. 

Freon - source: binaindojaya.com

2. Kompresor
Kompresor merupakan komponen utama dalam sistem AC mobil yang berfungsi sebagai pendorong atau pompa utama untuk mengalirkan freon di dalam sistem AC. 
Kompresor digerakkan oleh mesin menggunakan fan belt. ketika kompresor bekerja, freon akan terdorong untuk bersirkulasi melalui sistem AC sehingga dapat dihasilkan temperatur dingin pada sistem AC. 

Kompresor AC - source: mautaumobil.com

3. Kondensor
Freon yang terdorong atau terkompresi oleh kompresor akan menyebabkan peningkatan suhu pada freon, sehingga perlu dilakukan pendinginan menggunakan kondensor. Biasanya kondensor berada pada posisi dekat dengan kipas radiator sehingga dapat mempercepat proses penurunan suhu pada kondensor. 

Kondensor AC - source: mautaumobil.com

4. Dryer
Dryer berfungsi sebagai filter pada saluran AC, dimana dryer dapat menyerap kandungan air yang berada pada sistem AC. Air yang masuk kedalam sistem AC dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran sistem AC sehingga akan membuat kinerja AC menjadi tidak optimal. 

Dryer AC - source: tokopedia.com

5. Refrigerant pressure sensor
Refrigerant pressure sensor atau biasa disebut switch pressure AC merupakan yang memonitor tekanan pada bagian high pressure sistem AC. Switch AC berperan sebagai saklar untuk menghidupkan kompresor AC dan kipas extra fan untuk mendinginkan freon yang berada di dalam kondensor. Tekanan normal pada pressure sensor yaitu berada pada angka 12 - 15 bar. Jika tekanan pada pressure sensor terlalu kecil maka kompresor akan secara otomatis dinonaktifkan. Dan jika tekanan terlalu tinggi, maka extra fan akan berputar lebih cepat untuk menurunkan suhu beserta tekanan pada kondensor. 
Switch pressure AC - source: medium.com

6. Extra fan
Extra fan atau kipas tambahan merupakan kipas yang digunakan untuk mendinginkan kondensor. Pada beberapa tipe mobil tidak dilengkapi dengan extra fan, akan tetapi peran extra fan digantikan oleh satu kipas radiator dimana kipas radiator tersebut akan diatur kecepatannya berdasarkan tekanan pada switch AC. Jadi apa bila AC dinyalakan maka putaran kipas radiator akan semakin cepat dan begitu pula sebaliknya. 

Extra fan - source: cintamobil.com

7. Pipa atau selang penghubung
Pipa penghubung digunakan sebagai penghubung antar komponen AC untuk mengalirkan freon, mulai dari kompresor ke kondensor, kondensor ke evaporator dan dari evaporator kembali ke kompresor. 

Pipa AC - source: lifepal.co.id

8. Expansion valve
Pada dasarnya untuk menciptakan suhu dingin pada sistem AC diperlukan pengaturan untuk merubah freon cair dari kondensor menjadi berbentuk gas. Disinilah peran dari expansion valve yaitu untuk merubah freon cair menjadi gas dengan cara pencabutan. Expansion valve dilengkapi dengan valve yang akan melebar dan mengecil otomatis sesuai kebutuhan freon. 
Expansion valve - source: blibli.com

9. Evaporator
Freon yang sudah berubah menjadi gas dan memiliki suhu yang rendah selanjutnya membutuhkan perantara untuk menyerap panas diarea sekitar, sehingga dibutuhkan suatu komponen bernama evaporator untuk menghasilkan suhu dingin yang dapat langsung disebarkan ke udara luar. 


Evaporator AC - source: germanparts.ae

10. Blower
Udara dingin di sekitar evaporator selanjutnya perlu di distribusikan ke beberapa lokasi pada mobil seperti pada dashborad, bagian kaki dan console. Untuk melakukan hal tersebut maka dibutuhkan suatu kipas yang dapat mengalirkan udara dingin keluar dari area evaporator. Kipas tersebut biasa ya disebut dengan blower AC. Blower AC biasanya memiliki beberapa tingkatan kecepatan yang akan mempengaruhi jumlah udara yang dihembuskan. 

Blower AC - source: gridoto.com

11. Control unit AC
Pada mobil mobil keluaran terbaru, kontrol dari sistem AC sudah diatur secara komputerisasi menggunakan satu modul AC yang biasa juga disebut climatronic. Fungsi dari module AC ini adalah mengatur secara keseluruhan sistem AC mulai dari pengaturan temperatur, kecepatan blower, pengaturan heater AC dan lain sebagainya.

Module AC - source: vw.com.mx

Cara kerja AC pada mobil

AC di mobil bekerja dengan menggunakan prinsip menyerap panas dengan memanfaatkan gas freon di dalam evaporator kemudian ditiupkan ke dalam suatu ruangan. 
Pada prosesnya, freon akan dipompa oleh kompresor kemudian freon akan mengalir melalui kondensor dan dryer. Karena bertekanan tinggi, suhu freon didalam kondensor akan menjadi panas sehingga perlu di dinginkan menggunakan extra fan. Setelah suhu freon relatif turun, freon di alirkan melalui pipa menuju expansion valve untuk selanjutnya di ubah menjadi gas dan dialirkan ke dalam evaporator.
Di dalam evaporator, freon yang sudah menjadi gas akan menyerap panas pada area sekitar evaporator sehingga suhu di area sekitar evaporator menjadi dingin. Selanjutnya udara dingin di area evaporator ditiupkan keluar menggunakan motor blower menjual kisi kisi lubang AC yang ada pada dashborad mobil. Terciptalah suhu dingin yang menyebar ke seluruh bagian kabin mobil. 

Siklus AC mobil - source: rvtechmag.com

Sekalian artikel pada kesempatan kali ini semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah. 

Jika anda ingin melakukan perawatan, perbaikan ataupun konsultasi tetang mobil, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta).
Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Teori dan cara kerja sistem AC pada mobil - Mautaumobil.com"