Penyebab starter panjang dan muncul check engine pada Mercedes benz C class - Mautaumobil.com

     Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan membahas tentang kasus starter panjang disertai muncul indikator check engine pada mobil mercy C class W204 dengan kode mesin  M271 CGI, tipe mesin ini juga terdapat pada mercedes benz tipe E class.

Engine M271 - source: mautaumobil.com

Awal mulanya customer mengeluhkan mobil mercedes benz C200 miliknya mengalami kendala starter panjang disertai dengan muncul check engine, selain itu juga terkadang terdengar suara kasar dari mesin saat awal dihidupkan. (Baca juga: penyebab starter mobil panjang). Untuk mengetahui kerusakan langsung saja dilakukan scan untuk mengetahui kerusakan yang terjadi. Setelah dilakukan scan ditemukan DTC P034062 The position sensor for the intake camshaft (Cylinder bank 1) has an electrical fault. The signal comparison is fault. 

DTC cam adjuster - source: mautaumobil.com

Berdasarkan deskripsi dari DTC tersebut menunjukan terdapat kesalahan pada sistem Camshaft ataupun kesalahan pada timing mesin. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi intake camshaft sensor atau CMP sensor. Pastikan shocket sensor telah terpasang dengan baik dan tidak ada kabel yang bermasalah, jika memang memungkinkan bisa dilakukan testing dengan menggunakan CKP sensor yang baru. Setelah memastikan tidak ada masalah pada CKP sensor, selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada mechanical camshaft dan timing chain.

Untuk mengetahui kondisi camshaft, perlu dilakukan pembongkaran pada komponen cover valve dan cover timing atas. Setelah dilakukan pembongkaran, posisikan piston pada posisi Top 1 untuk mengidentifikasi kondisi dari timing chain dengan cara memutar pulley crankshaft sampai pada posisi 0T.

Setelah berada pada posisi top, diketahui terdapat masalah pada bagian cam phaser atau cam adjuster dimana tanda pada cam adjuster tidak segaris dengan cam shaft. Hal tersebut dapat mengakibatkan pembacaan sensor camshaft menjadi tidak akurat dan dapat menyebabkan starter mesin menjadi panjang. Setelah ditemukan masalahnya, selanjutnya adalah proses perbaikan dengan mengganti komponen cam adjuster.

Kesalahan cam adjuster - source: mautaumobil.com

Proses pembongkaran cam adjuster membutuhkan SST atau alat khusus. Sebelum pembongkaran pastikan kondisi timing pada posisi top 1. Berikan tanda pada rantai sesuai dengan garis pada cam adjuster. Pasang SST cam lock, Kendor kan baut pada cam adjuster, Lepaskan tensioner timing chain agar rantai menjadi kendor dan cam adjuster dapat dilepaskan dari rantai. Berikut merupakan gambar dari cam adjuster yang sudah terlepas dari camshaft. 

Cam adjuster - source: mautaumobil.com

Pasang cam adjuster yang baru saja sesuai dengan tanda yang sudah dibuat pada rantai, pastikan juga tanda pada camshaft dan cam adjuster pada posisi sejajar, Kencangkan baut cam adjuster dan pasang kembali komponen yang lain seperti sedia kala. Terakhir lakukan pengetesan untuk memastikan masalah telah terselesaikan. 
Perbandingan cam adjuster source: mautaumobil.com

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta).
Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab starter panjang dan muncul check engine pada Mercedes benz C class - Mautaumobil.com"