Penyebab Nissan Grand Livina Overheat - Mautaumobil.com

     Overheat merupakan kerusakan pada mobil yang seringkali dialami oleh pemilik mobil ya itu kondisi di mana mobil mengalami panas yang berlebih sehingga dapat berbahaya bagi mesin. 

Pada kesempatan kali ini mau tau mobil.com akan sharing kasus overheat yang terjadi pada Nissan Grand Livina tahun 2008. Pemilik mobil mengeluhkan temperatur mesin yang selalu melewati batas normal dan AC tidak dingin sehingga pemilik mobil melakukan pemeriksaan di bengkel untuk mengetahui penyebab kerusakan. Setelah dilakukan pemeriksaan pada kondisi air coolant dan motor fan, diketahui kondisinya dalam keadaan normal, volume air coolant tidak berkurang dan kipas dapat berputar dengan normal. Karena kondisi secara visual terlihat normal maka diputuskan untuk melakukan servis pada radiator, setelah melakukan servis dan pembersihan pada radiator, kondisi mesin masih tetap panas jika dihidupkan beberapa lama.


  Berdasarkan gejalanya ada kemungkinan kerusakan terjadi pada termostat sehingga dapat menyebabkan temperatur mesin menjadi panas. Setelah melakukan pemeriksaan, diputuskan untuk melakukan penggantian thermostat. 

Langkah melakukan penggantian thermostat adalah:
  • Pastikan kondisi air radiator sudah dalam kondisi dingin. 
  • Lepaskan tabung reservoir air radiator
  • Lepaskan selang radiator yang terpasang ke housing thermostat
  • Lepaskan 2 baut pengikat housing thermostat
  • Keluarkan thermostat dari dalam housing dan ganti dengan yang baru
  • Pasang kembali semua komponen yang dibongkar seperti sedia kala
  • Lakukan running mesin sampai mencapai suhu kerja mesin yang ditandai dengan kipas radiator yang menyala dan pastikan temperatur mesin tidak naik melewati batas normal
Lokasi thermostat - source: mautaumobil.com


Thermostat posisi terlepas - source: mautaumobil.com

Setelah penggantian thermostat, kondisi mesin sekarang sudah normal kembali, tidak terjadi panas yang berlebih pada mesin. Kondisi sistem AC pun kembali menjadi normal seperti sediakala. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta). Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Nissan Grand Livina Overheat - Mautaumobil.com"