Penyebab mesin ngelitik atau knocking - Mautaumobil.com

Apa itu knocking?

Knocking atau ngelitik merupakan istilah di mana mesin mengalami bunyi ketukan saat bekerja terutama saat mesin menerima beban. Knocking terjadi karena pembakaran mesin tidak sempurna. Knocking terjadi karena campuran bahan bakar dan udara terbakar sebelum piston melewati titik mati atas hasilnya adalah tekanan pembakaran akan bertabrakan langsung dengan gaya piston yang sedang bergerak menuju titik mati atas. Knocking dapat berakibat fatal jika terus menerus terjadi karena akan merusak piston dan silinder mesin. 

Knocking - source: unknown

Penyebab terjadinya knocking dan cara mengatasinya

Kualitas bahan bakar rendah

Bahan bakar yang mempunyai kualitas rendah atau tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dapat menyebabkan terjadinya knocking karena bahan bakar dengan nilai oktan rendah mempunyai karakter lebih mudah terbakar sedangkan pada beberapa mesin mempunyai rasio kompresi tinggi sehingga jika menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan terendah maka tekanan kompresi yang tinggi akan membuat bahan bakar lebih cepat terbakar menghasilkan suara ngelitik atau knocking. 
Untuk mengatasi masalah tersebut tentu saja kita harus menggunakan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan mesin. 

Kotoran karbon di area ruang bakar

Pembakaran yang terjadi di dalam mesin secara terus menerus akan meninggalkan sisa-sisa pembakaran berupa karbon yang menempel pada area ruang bakar mesin. karbon karbon tersebut akan menumpuk dan akan menjadi bara ketika terkena panas, bara tersebut akan membuat campuran bahan bakar menjadi lebih mudah terbakar. Untuk menangani masalah tersebut biasanya dilakukan dengan cara melakukan top overhaul dan dibersihkan area ruang bakar dan piston dari karbon karbon yang menempel. Selain dengan cara top overhaul bisa juga dilakukan dengan cara melakukan gurah mesin menggunakan cairan pembersih karbon yang dimasukkan kedalam ruang bakar kemudian setelah beberapa menit sedot kembali cairan pembersih karbon tersebut maka kotoran dan karbon di dalam ruang bakar akan ikut terangkat. 

Kesalahan sistem pengapian

Kesalahan pada sistem pengapian juga dapat mengakibatkan terjadinya knocking. 
Contoh dari kesalahan sistem pengapian antara lain, busi yang tidak sesuai standar, masalah pada knocking sensor, kesalahan penyetelan timing pengapian, kerusakan pada ECU dan lain sebagainya. Biasanya jika knocking terjadi karena masalah pada sistem pengapian mesin maka akan diikuti dengan munculnya gejala kerusakan yang lainnya yang bisa dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan scanner. 

Sekian artikel Pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silakan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda ingin melakukan perawatan, perbaikan ataupun konsultasi tetang mobil, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta). Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab mesin ngelitik atau knocking - Mautaumobil.com"