Penyebab Chevrolet Trax DTC P0172 - Mautaumobil.com

     Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan membahas salah satu kasus yang ditemukan pada Chevrolet Trax yaitu munculnya indikator check engine disertai kurangnya tenaga mesin. 

    Setelah dilakukan scan ditemukan beberapa DTC antara lain P01016 Manifold absolute pressure (MAP) sensor performance, P0172 Fuel trim system rich, P0300 Engine misfire detected dan P1101 Intake air flow system performance. Sesuai dengan deskripsi beberapa DTC di atas, sesuai dengan refernensi yang telah dijelaskan pada artikel: DTC P0172 Fuel trim too rich dan P0171 Fuel trim too lean, terdapat kemungkinan kerusakan mengarah pada sistem udara masuk atau induction system.

DTC Chevrolet Trax - source: mautaumobil.com

    Jadi langkah yang pertama adalah memastikan secara fisik tidak ada selang yang pecah, bocor ataupun kendor pada jalur udara masuk ke mesin. Langkah berikutnya adalah memastikan apakah fuel trim rich benar benar terjadi atau tidak dengan cara melihat kondisi busi, jika kondisi busi terlihat hitam dan basah ada kemungkinan terjadi campuran bahan bakar kaya yang menyebabkan pengapian tidak sempurna sehingga busi menjadi hitam dan basah. Langkah berikutnya adalah memastikan kondisi throttle body bersih dan tidak ada kotoran yang dapat menghambat pembukaan katup throttle.

    Setelah memastikan komponen komponen mekanikal bekerja dengan normal, selanjutnya adalah memeriksa kondisi kondisi dari sensor sensor yang dapat mempengaruhi fuel trim. 
Langkah pertama adalah memastikan kondisi sensor MAF, MAP dan Oxygen sensor dalam kondisi baik secara fisik, tidak ada kabel terkelupas ataupun kotoran pada sensor. 
Jika kondisi sensor dan kabel sudah dalam kondisi baik langkah berikutnya adalah memeriksa kerja sensor sensor dengan menggunakan scanner. Untuk memeriksa kerja sensor kita menggunakan menu live data stream pada scanner dan memilih beberapa data diantaranya: Data short term fuel trim, data MAP sensor, data MAF sensor, data Oxygen sensor, data ECT sensor, data RPM engine dan data throttle postion sensor. Data data tersebut digunakan untuk melihat kinerja sistem pencampuran bahan bakar pada mesin.
Setelah mengamati dan melakukan perbandingan data ternyata terdapat data yang berbeda pada MAF sensor, data MAF sensor menunjukan angka +- 5.96 g/s pada posisi mesin idle. Angka tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan data MAF sensor yang normal yaitu berada di kisaran angka +- 3.78 g/s pada kondisi mesin idle. 

Data MAF sensor error - source: mautaumobil.com

Gambar di atas menunjukan angka MAF sensor yang tidak akurat pada saat kondisi mesin idle yang dapat mengakibatkan terjadinya DTC fuel trim rich. 

Data MAF sensor normal - source: mautaumobil.com

Gambar di atas menunjukan angka MAF sensor yang normal pada saat kondisi mesin idle. 

    Dari data pembacaan MAF sensor tersebut memunculkan potensi bahwa pembacaan MAF sensor sudah tidak akurat dan dapat mengakibatkan masalah pada fuel trim. Pembacaan nilai MAF yang besar menandakan aliran udara yang besar dan mengharuskan mesin menambahkan suplai bahan bakar pada injektor, padahal pada kenyataannya mesin dalam kondisi idle dan aliran udara dalam kondisi normal, hal ini menyebabkan pembakaran tidak sempurna karena terlalu banyak bahan bakar yang disemprotkan ke ruang bakar. Dan ini lah yang menyebabkan munculnya DTC P0172 Fuel trim system too rich atau campuran bahan bakar terlalu kaya.

Dari hasil analisa tersebut maka dilakukan penggantian komponen MAF sensor. Kemudian reset DTC kerusakan dan lakukan test drive. Setelah penggantian sensor MAF tidak ditemukan lagi DTC kerusakan P0172 atau fuel trim system too rich. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta).
Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Chevrolet Trax DTC P0172 - Mautaumobil.com"