Penyebab check engine menyala pada Chevrolet Aveo Sonic - Mautaumobil.com

    Para owner dari Chevrolet Aveo Sonic sering kali mengeluhkan masalah pada kendaraannya, mulai dari masalah mekanikal sampai masalah mengenai kelistrikan. 
Salah satu masalah pada Aveo sonic yang sering ditemukan adalah munculnya indikator check engine ataupun kode 89.
Berikut beberapa sebab munculnya check engine pada Aveo sonic yang sering ditemui. 

1. Masalah engine misfire

Masalah pertama yang sering terjadi pada Chevrolet Aveo sonic adalah masalah check engine menyala disertai dengan mesin terasa pincang dan getar, terkadang juga muncul indikator ABS secara bersamaan. 
Jika menemukan gejala demikian maka ada kemungkinan kerusakan berasal dari ignition coil. Pada kasus yang sering terjadi, ignition coil milik Aveo sonic sering mengalami karat pada bagian per coilnya sehingga dapat menyebabkan aliran listrik ke busi menjadi tidak maksimal dan akhirnya terjadi misfire. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga penyebabnya berasal dari kompresi mesin yang sudah mulai menurun sehingga menyebabkan terjadinya masalah misfire. 

Coil spring Aveo sonic - source: mautaumobil.com

2. Masalah pada fuel trim lean

Selanjutnya adalah masalah fuel trim, masalah fuel trim memang sangat umum terjadi pada mobil terutama mobil dengan mesin bensin. Masalah fuel trim terjadi biasanya dikarenakan campuran antara bahan bakar dan udara tidak sempurna sehingga oxygen sensor akan membaca terjadi kesalahan. Kasus fuel trim juga terjadi pada Aveo sonic. Pada kasus Aveo sonic masalah fuel trim biasanya ditandai dengan munculnya check engine dan tidak disertai gejala lain. Masalah fuel trim pada Aveo sonic biasanya disebabkan oleh evap purge solenoid yang sudah bocor ataupun membran cover valve yang sudah bocor (baca juga: Teori dan cara kerja EVAP purge system). Kebocoran udara tersebut menyebabkan udara masuk ke dalam mesin terlalu banyak sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna, oxygen sensor akan membacanya terjadi fuel trim lean atau campuran bahan bakar kurus. Untuk detail pemeriksaan fuel trim lean, silahkan baca artikel: penyebab indikator check engine menyala tanpa gejala pada mesin ecotec

Evap purge solenoid - source: mautaumobil.com

3. Masalah pada thermostat

Termostat pada Chevrolet Aveo sonic juga sering mengalami masalah, biasanya ditandai dengan indikator check engine yang menyala serta muncul kode 89 dan gambar mobil kunci. Thermostat pada Aveo sonic menggunakan elektrik sistem untuk mengatur kerja dari thermostat, sehingga jika terjadi masalah pada thermostat ECM akan langsung memunculkan indikator check engine sebagai informasi kepada pemilik bahwa terdapat kerusakan pada sistem thermostat.

Thermostat Aveo sonic - source: bukalapak.com

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta).

Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab check engine menyala pada Chevrolet Aveo Sonic - Mautaumobil.com"