Kunci tertinggal di dalam mobil? begini beberapa cara mengatasinya - Mautaumobil.com

    Kunci tertinggal di dalam mobil merupakan salah satu masalah yang membuat panik para pemilik mobil. Sering kali pemilik mobil lupa mengambil kunci dari dalam mobil kemudian mobil tersebut tiba tiba terkunci. Pada dasarnya untuk mengatasi kunci tertinggal di dalam mobil bisa dilakukan cukup dengan membuka pintu ataupun jendela mobil, yang menjadi masalah adalah jika mobil tersebut dilengkapi dengan sistem central lock dan smart key, hal tersebut akan membuat proses evakuasi kunci akan menjadi lebih sulit, akan menjadi hal mudah jika pemilik mobil mempunyai kunci cadangan, namun akan menjadi masalah yang serius jika pemilik mobil tidak mempunyai kunci cadangan ataupun kunci cadangan tersebut tidak bisa digunakan karena berada di lokasi yang jauh. Pada artikel kali ini mautaumobil.com akan merangkum beberapa trik jika kunci tertinggal di dalam mobil. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kunci mobil tertinggal di dalam mobil. 

Kunci tertinggal di mobil - source: jasaniaga.com

1. Menggunakan penggaris besi
Cara yang paling umum untuk membuka central lock adalah dengan menggunakan penggaris besi. Penggaris besi bisa digunakan untuk membuka central lock terutama untuk mobil mobil tipe lama yang masih menggunakan kawat pengunci central lock seperti contohnya toyota avanza lama. Caranya adalah dengan cara melepas list kaca kemudian masukan penggaris ke celah antara kaca dan pintu, cari kawat pendorong central lock kemudian tekan, jika sudah benar maka otomatis central lock akan terlepas. 

2. Menggunakan kawat
Kawat yang keras dapat digunakan untuk melepaskan central lock, terutama untuk kontruksi central lock yang mengharuskan menarik tuas untuk membukanya. Hal ini tidak akan bisa dilakukan menggunakan penggaris, akan tetapi dapat dilakukan menggunakan kawat yang dibentuk seperti kail untuk menarik tuas kawat central lock. 

3. Menggunakan tali
Penggunaan tali untuk membuka central lock sangat terbatas untuk mobil yang masih menggunakan tuas tarik untuk membuka central lock. Caranya adalah dengan membuat ikatan ditengah tali, kemudian selipkan tali pada pintu, arahkan ikatan tali ke tuas tarik central lock, jika ikatan sudah masuk ke tuas, tarik tuas tersebut ke atas, otomatis central lock akan terbuka. 

4. Menggunakan locksmith bar atau bisa juga menggunakan kawat hanger
Lock smith bar atau kawat hanger dapat digunakan untuk membuka central lock yang menggunakan handle. Untuk menggunakan metode ini kita membutuhkan alat tambahan yaitu air Jack untuk sedikit membuka paksa pintu agar lock Smith bar bisa masuk dan menjangkau handle central lock. 

5. Menjumper kabel
Teknik jumper kabel ini biasanya digunakan oleh mekanik atau orang yang sudah sangat paham tentang jalur elektrikal mobil tersebut. Biasanya mekanik akan menggunakan panduan dari wiring diagram untuk menentukan kabel mana yang digunakan untuk menghidupkan motor central lock. Jika kabel sudah ditemukan, siapkan aki dan kabel jumper, tempelkan kabel jumper pada aki dan colok pada kabel central lock, jika posisi sudah benar otomatis central lock akan terbuka. Cara ini sangat beresiko jika kita tidak mengetahui jalur perkabelan central lock pada mobil. 

6. Menggunakan lishi locksmith tool
Lishi merupakan alat yang banyak digunakan oleh tukang kunci, cara kerjanya adalah dengan mencari kombinasi yang tepat agar kunci dapat terbuka. Jadi untuk orang biasa akan sedikit susah untuk menggunakan alat ini karena membutuhkan pengalaman dan praktek yang sering. 

7. Memecahkan kaca
Cara mudah membuka pintu jika kunci tertinggal di dalam mobil adalah dengan cara memecahkan kaca. Sebelum memecahkan kaca pastikan kita sudah memperhitungkan resiko biaya yang akan dikeluarkan. 

8. Memanggil ahli kunci profesional
Cara yang paling mudah adalah dengan memanggil ahli kunci profesional, kita cukup menyiapkan biaya sekitar 400rb-600rb kita sudah bisa dengan tenang membuka pintu mobil. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah. 
Jika anda ingin melakukan perawatan, perbaikan ataupun konsultasi tetang mobil, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta).
Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Kunci tertinggal di dalam mobil? begini beberapa cara mengatasinya - Mautaumobil.com"