Definisi dan fungsi Turbo timer - Mautaumobil.com

   Pada kali ini Mautaumobil.com akan membahas tentang turbo timer aksesoris tambahan yang sering digunakan oleh pemilik mobil bermesin turbocharger (baca juga: turbocharger system dan cara kerja VGT). Apa itu turbo timer dan apa fungsinya? Simak terus artikel ini. 

Turbo timer - source: HKS

Apa itu turbo timer? 

Turbo timer merupakan perangkat elektronik kecil yang dapat menjaga kondisi mesin tetap hidup dalam jangka waktu tertentu agar mesin dapat memasuki kondisi cooling down secara otomatis sebelum mesin mobil dimatikan. Kita dapat mengatur sendiri berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum mesin dimatikan dan kita dapat langsung meninggalkan mobil kita tanpa harus menunggu mobil mati karena mesin akan mati sesuai dengan berapa lama waktu yang kita tentukan. 

Apa fungsi dari turbo timer? 

Seperti namanya, turbo timer akan membuat turbocharger menjadi lebih dingin setelah pemakaian mobil dalam waktu lama dan dengan beban berat. Sangat penting untuk mesin running dalam waktu tertentu sebelum dimatikan sampai beberapa komponen mesin seperti exhaust, intake manifold, turbocharger memasuki fase cooling down. Jika kita langsung mematikan mesin yang sudah bekerja dengan keras, maka sirkulasi oli dan coolant pada turbocharger akan berhenti, karena kondisi turbocharger yang sangat panas dan sirkulasi oli dan coolant terhenti seketika maka oli yang berada pada shaft turbocharger akan menguap dan mengering menjadi kerak dan tentu saja akan merusak shaft dari turbocharger dan menjadikan umur turbocharger lebih pendek. 

Apakah penting menggunakan turbo timer? 

Itu balik lagi ke kebutuhan, jika mobil anda menggunakan turbocharger dan anda memang orang yang cukup sibuk sehingga tidak punya cukup waktu untuk menunggu sampai mesin memasuki kondisi cooling down maka turbo timer bisa menjadi alternatif. Akan tetapi akan lebih baik lagi jika kita tidak perlu memasang turbo timer dan kita secara manual menunggu sendiri sampai mesin memasuki fase cooling down.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda ingin melakukan perawatan, perbaikan ataupun konsultasi tetang mobil, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta).
Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah.

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Definisi dan fungsi Turbo timer - Mautaumobil.com"