Penyebab matic Chevrolet Trailblazer nyendat

     Trailblazer merupakan SUV besar keluaran dari pabrikan chevrolet yang dipasarkan tahun 2012 dengan pilihan mesin duramax 2.5L dan 2.8L. Kemudian pada tahun 2017 Chevrolet Trailblazer mengeluarkan versi faceliftnya dengan hanya pilihan mesi 2.5L dan transmisi automatic 5 kecepatan (AT).

     Setelah pemakaian beberapa tahun banyak dari pemilik Trailblazer mengeluhkan transmisi otomatis nya yang mulai terasa nyendat dan kurang bertenaga, terutama untuk trailblazer keluaran tahun 2017 ke atas. Setelah dilakukan pemeriksaan secara fisik kondisi oli matic terlihat normal, serta jika dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan scanner maka tidak ditemukan DTC pada sistem transmisi otomatis. Akan tetapi berdasarkan temuan di lapangan dan informasi dari TI yang diterbitkan oleh GM Indonesia, pada Chevrolet Trailblazer terutama tahun 2017 ke atas terdapat kerusakan pada check ball pada body valve transmisi otomatis. Biasanya seiring pemakaian kendaraan check ball yang terbuat dari plastik tersebut akan mengalami keausan sehingga dapat mengakibatkan aliran fluida pada body valve transmisi otomatis menjadi terganggu, efeknya adalah tarikan transmisi otomatis menjadi terasa nyendat dan kurang bertenaga.

Solusi dari masalah tersebut adalah dengan melakukan penggantian check ball yang terdapat pada body valve yang jumlahnya 7 atau 8 buah. Berikut adalah langkah penggantian check ball body valve Trailblazer. 

  1. Keluarkan oli matic dari dalam transmisi otomatis dengan cara membuka bak penampung oli matic. 
  2. Lepaskan shocket TCM dan kuncian TCM
  3. Lepaskan baut bintang untuk melepas TCM dan Body valve sekaligus. 
  4. Setelah TCM dan Body valve terlepas pisahkan antara TCM dan Body valve. 
  5. Setelah body valve terpisah, lepaskan baut body valve agar body valve dapat terbelah. Hati hati saat membuka body valve jangan sampai check ball berantakan. 
  6. Perhatikan posisi check ball dan lakukan penggantian check ball dengan yang baru. 
  7. Rakit kembali body valve beserta TCM dengan hati hati. 
  8. Pasang kembali body valve beserta TCM ke mobil. 
  9. Pasang kembali komponen komponen yang dilepas dengan urutan kebalikan dari proses pembongkaran. 
  10. Scan dan lakukan test drive
Berikut merupakan gambar body valve yang sudah dibongkar dan lokasi dari check ball. 

TCM dan Body Valve - source: mautaumobil.com

Bongkar body valve - source: mautaumobil.com

Posisi check ball - source: mautaumobil.com

Setelah penggantian check ball gejala transmisi yang awalnya terasa nyendat sekarang sudah normal kembali. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta dan sekitarnya). Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab matic Chevrolet Trailblazer nyendat"