Penyebab Audi A4 B8 bisa start tapi mesin tidak menyala

     Audi A4 merupakan salah satu mobil Audi yang paling banyak beredar di Indonesia, dengan tampilan sedan mewah dengan mesin yang mempunyai performa tinggi menjadikan Audi A4 ini salah satu mobil eropa yang digemari. 

Interior Audi A4 B8 - Source: mautaumobil.com

     Pada kali ini mautaumobil akan membahas salah satu kasus yang sering terjadi pada Audi A4 B8 atau sering Audi yang lain, dimana terdapat masalah mesin Audi A4 bisa cranking akan tetapi mesin tidak mau hidup. Untuk memahami hal demikian perlu kita ketahui bahwa syarat mesin dapat menyala terutama pada mesin bensin adalah adanya bahan bakar, udara, api, timing dan kompresi. Jika salah satu syarat tersebut tidak dipenuhi maka mesin tidak dapat hidup. (Baca juga: Teori Engine Management System). 

    Pada kasus kali ini mesin Audi tidak dapat menyala, setelah dilakukan pemeriksaan diketahui bahwa pompa bensin pada mobil tidak bekerja sehingga menyebabkan bahan bakar tidak tersuplai ke dalam mesin dan efeknya tentu saja mesin mobil tidak dapat hidup. Berdasarkan analisa dasar tersebut kita akan memfokuskan pemeriksaan pada sistem bahan bakar. Di karenakan mobil Audi A4 menggunakan sistem kelistrikan yang menggunakan banyak control module, maka untuk membuat analisa lebih cepat dan akurat harus menggunakan scanner untuk melihat DTC kerusakan yang tersimpan pada ECM sebagai dasar analisa ke tahap selanjutnya. Setelah dilakukan scan menggunakan Thinkdiag (baca juga: Review Thinkdiag dan Diagzone) diketahui terdapat DTC  P304400 Fuel Pump Short Circuit Active/Static. Berdasarkan DTC tersebut berarti terjadi hubungan arus pendek atau korsleting pada sistem fuel pump, dalam hal ini kerusakan mengarah pada tiga kemungkinan yaitu Fuel pump, wiring fuel pump ataupun Control unit fuel pump. 

Langkah pertama yang pertama ada melakukan pemeriksaan korsleting pada wiring fuel pump, setelah dilakukan pengukuran tidak ditemukan hubungan arus pendek pada wiring fuel pump.
 
Lokasi fuel pump audi - source: youtube.com/c/markbizin

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan motor fuel pump, hal ini bisa dilakukan dengan cara menjumper motor fuel pump dengan tegangan 12V. Jika setelah dilakukan jumper fuel pump bahan bakar keluar dari fuel pump, maka motor fuel pump dikatakan tidak bermasalah atau normal. 

Langkah terakhir dikarenakan kabel fuel pump dan motor fuel pump normal, maka dapat disimpulkan bahwa kerusakan terjadi pada control unit fuel pump. Dalam kasus ini control unit fuel pump harus dilakukan penggantian dikarenakan dapat membuat mobil mogok dan akan sangat merepotkan nantinya jika tidak segera dilakukan penggantian. 

Lokasi module fuel pump - source: youtube.com/c/markbizin


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda (area jakarta dan sekitarnya). Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 


Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Audi A4 B8 bisa start tapi mesin tidak menyala"