Catat! Komponen mesin apa saja yang perlu diperiksa saat tune up

     Tune up merupakan suatu pekerjaan didalam otomotif yang mana bertujuan untuk mengembalikan performa mesin seperti sedia kala. Pada mobil mobil keluaran lama yang masih menggunakan sistem konvensional (mobil yang menggunakan karburator dan platina), tune up menjadi hal yang sangat penting karena seiring dengan pemakaian komponen komponen pada mobil konvensional akan berubah sehingga perlu dilakukan penyetelan ulang agar tenaga serta performa mesin tetap terjaga. Pada mobil mobil bermesin konvensional, beberapa contoh pemeriksaan dan penyetelan saat tune up meliputi pemeriksaan dan penyetelan celah platina, penyetelan karburator, penyetelan celah busi, pengecekan kabel busi dan lain sebagainya. 

Source: original - mautaumobil.com

    Berbeda dengan saat sekarang ini dimana mesin mesin keluaran terbaru menggunakan sensor elektrikal dan komputerisasi sehingga mesin tidak memerlukan proses penyetelan ulang, jadi perawatan pada mesin mesin terbaru biasanya hanya di sebatas perawatan rutin seperti melakukan penggantian oli mesin dan filter filter saja. Namun setelah pemakaian kendaraan dalam waktu yang lama tetap saja diperlukan pemeriksaan tambahan untuk mengembalikan performa mesin, hal ini juga bisa dianggap sebagai tune up, namun proses tune up pada mesin EFI tidak sesering dilakukan pada mesin konvensional. Karena perbedaan karakter dan teknologi antara mesin konvensional dan mesin EFI maka akan terdapat sedikit perbedaan proses tune up pada mesin konvensional dan mesin mesin terbaru atau biasa disebut EFI. 

Proses tune up pada mesin mesin berteknologi EFI antara lain. 
1. Membersihkan filter udara
2. Membersihkan filter bensin
3. Membersihkan throttle body
4. Pemeriksaan kondisi busi
5. Reset DTC kerusakan
6. Learning sensor atau actuator jika diperlukan
 
Selain proses tersebut, beberapa bengkel terutama bengkel spesialis autocare juga menawarkan paket layanan tune up yang lebih lengkap yaitu dengan menggunakan berbagai macam chemical tambahan untuk meningkatkan performa mesin seperti:
1. Carbon cleaner untuk membersihkan ruang bakar
2. Injector purging untuk membersihkan injector
3. Intake Cleaner untuk membersihkan intake manifold
4. Catalytic cleaner untuk membersihkan catalytic converter
5. Serta fuel cleaner untuk membersihkan bahan bakar di dalam tangki bahan bakar

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang sudah disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Jika anda ingin melakukan perawatan, perbaikan ataupun konsultasi tetang mobil, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda. Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Catat! Komponen mesin apa saja yang perlu diperiksa saat tune up"