Apa itu auto detailing dan bagaimana prosesnya?

      Mobil terlihat bersih dan fresh siapa yang tidak mau? Era sekarang kebutuhan pemilik mobil untuk kendaraannya bukan hanya sekedar servis, modifikasi ataupun penambahan variasi, akan tetapi sekarang ini banyak pemilik mobil yang menginginkan perawatan kebersihan mobil baik dari segi eksterior maupun interior. Karena muncul banyaknya permintaan tersebut maka lahirlah istilah auto detail.

Definisi auto detailing

Apa itu auto detailing? Sekilas auto detailing memang mirip dengan salon mobil yang mempunyai tujuan untuk membuat mobil menjadi bersih dan kembali cantik. Namun perbedaan antara auto detailing dan salon mobil  memberikan perawatan yang lebih ekstra dan mendetail pada setiap komponen yang ada pada mobil baik pada bagian eksterior maupun pada bagian interior. 
Seiring dengan pemakaian kendaraan maka kotoran kotoran dan debu debu akan semakin menumpuk, warna cat menjadi kusam, muncul aroma kurang enak di dalam mobil dan lain sebagainya. Dengan adanya auto detailing ini dapat menjadi solusi untuk merawat mobil sampai ke area area mendetail seperti area pada baut roda, kisi kisi AC, sudut sudut kecil console dan lain sebagainya yang membutuhkan ketelitian ekstra. 

Biaya auto detailing

Karena proses pengerjaan auto detailing yang cukup kompleks dan memerlukan waktu yang cukup lama, tak heran tarif yang dipatok untuk proses auto detailing termasuk tinggi dan juga tarif tersebut akan menyesuaikan dengan ukuran mobil, namun hasil yang didapatkan berupa kepuasan dan kenyamanan akan sebanding dengan nominal yang kita keluarkan. Tarif auto detailing berbeda beda tergantung penyedia jasa dan ukuran kendaraan. Namun secara umum rata rata tarif dari auto detailing  sekitar 2 juta untuk ukuran mobil kecil dan 3 juta untuk ukuran mobil besar. Namun jika ikin melakukan penambahan  coating atau nano keramik, biaya juga akan ikut bertambah sekitar 3 - 5 juta tergantung ukuran mobil diluar biaya dari pekerjaan auto detailing. 

Proses auto detailing

Berikut merupakan tahapan yang dilakukan pada proses auto detailing yang akan membuat tampilan mobil menjadi semakin sempurna. 

1. Cleaning
Tahap pertama ini merupakan tahap yang penting yaitu proses pembersihan mobil yang memiliki tujuan untuk membersihkan dan mengangkat kotoran kotoran yang menumpuk pada mobil. Pada tahap ini jika kotoran terlalu sulit dibersihkan, maka biasanya akan dilakukan claying menggunakan clay bar dan cairan lubrikasi agar proses pembersihan menjadi lebih mudah. Jika diperlukan juga dapat melakukan paint cleaning apabila kotoran masih sulit dibersihkan.

2. Paint correction
Tahap selanjutnya adalah proses paint correction, yaitu proses untuk memeriksa dan memperbaiki bagian cat mobil yang mengalami goresan goresan halus ataupun oksidasi pada permukaan body mobil. Tahapan ini meliputi  compounding, polishing dan glazing. Tidak jarang juga ditambahkan dengan cairan cairan lain yang bertujuan untuk mempercantik hasil. Bagian paint correction merupakan bagian yang paling penting dikarenakan tahap ini akan menentukan bagus atau tidaknya tampilan mobil nantinya.

3. Protection
Proses paint correction berguna untuk memastikan tampilan mobil akan lebih baik dari sebelumnya. Namun hal tersebut akan menjadi percuma jika tidak dilakukan proteksi atau perlindungan pada body mobil yang telah dirapikan maka dibutuhkan proses proteksi untuk menjamin kondisi mobil dapat bertahan untuk waktu yang lama. Pada tahap ini ada beberapa proses yang harus dilakukan seperti wax, sealant ataupun coating pada permukaan body mobil dan juga pada bagian lain seperti trim, roda dan sebagainya menggunakan cairan yang sesuai. Dengan adanya proses ini diharapkan debu dan kotoran tidak mudah menempel pada bagian bagian mobil sehingga tampilan mobil akan terjaga dengan baik.

4. Maintenance
Proses terakhir pada auto detailing adalah maintenance atau perawatan. Perawatan ini bersifat tidak permanen atau sementara, durasi perawatan tergantung dari produk auto detailing yang digunakan. Metode yang dilakukan pada proses ini antar lain, detailer, last touch, finishing ataupun sejenisnya yang biasanya dilakukan secara berkala. 

So, bagaimana? Tertarik untuk membuat mobil anda menjadi lebih segar dan tentunya jauh lebih kece tapi males keluar rumah? FDL auto detailing home service solusinya. Dengan harga yang bersaing kami bisa langsung datang ke lokasi anda untuk melakukan perawatan.




Segera hubungi FDL auto detailing home service melalui otosiaga dengan klik tombol whatsapp di bawah. 


Sekian artikel pada kesempatan kali ini semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin disampaikan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. 

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Apa itu auto detailing dan bagaimana prosesnya?"