Cara kuras radiator Toyota Avanza 2008

Toyota Avanza masih menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia karena harga terjangkau, sparepart mudah didapatkan dan juga perawatan yang mudah. Pada kesempatan kali ini mautaumobil akan sharing salah satu cara perawatan pada mobil Toyota Avanza yaitu cara untuk kuras air radiator yang sudah kotor. Pada kali ini kita akan fokus pada Toyota avanza tahun 2008 dimana tentu saja dengan umur mobil yang sudah cukup tua tentunya akan banyak bagian didalam mesin yang berkarat sehingga akan menjadikan air radiator menjadi keruh atau kotor. 
Peralatan yang dipersiapkan cukup sederhana antara lain, 
1. Radiator Coolant 5 liter
2. Selang air
3. Sumber air
4. Sabun
5. Tang jika diperlukan

Langkah pertama adalah pastikan kondisi mesin mobil sudah dalam keadaan dingin, karena jika dilakukan pada kondisi panas, cairan coolant akan panas dan dapat melukai kulit. Jadi solusinya adalah mesin harus didinginkan terlebih dahulu. 
Langkah kedua adalah buka tutup radiator, untuk membuka tutup radiator harus berhati hati karena jika dalam kondisi panas maka tutup radiator akan memiliki tekanan saat dibuka. 
Langkah ketiga adalah buang air radiator melalui lubang pembuangan bawah pada radiator, cukup diputar berlawanan arah jarum jam dan lepaskan, maka air akan langsung mengucur keluar.


Sembari menunggu air radiator habis keluar, kita dapat membersihkan reservoir dan tutup radiator menggunakan sabun agar kotoran kotoran yang menempel dapat dihilangkan. 
Langkah keempat adalah buka lubang bleeding radiator kemudian isikan air keran menggunakan selang melalui lubang pada radiator. Isi terus radiator sampai air dari keran keluar melalui lubang bleeding.

Source: original - mautaumobil.com

Hal ini dilakukan bertujuan agar kotoran dan kerak yang terdapat pada block cyilinder mesin dapat keluar bersamaan dengan air melalui lubang bleeding. Proses ini juga bertujuan untuk memastikan lubang bleeding tidak mampet atau terhambat sehingga dapat memudahkan saat dilakukan proses buang angin. 
Langkah kelima adalah mengisikan air biasa dengan kondisi semua lubang telah ditutup kemudian hidupkan mesin mobil selama 5 menit agar kotoran kotoran yang tersisa tercampur dengan air. Setelah kurang lebih 5 menit buang kembali air biasa yang telah di isikan sebelumnya melalui lubang pembuangan. Lakukan proses ini beberapa kali jika kondisi air yang dibuang masih kotor. 
Langkah keenam, jika kondisi air yang dibuang sudah tidak kotor, langkah selanjutnya adalah mengisi mesin dengan cairan coolant. Caranya dengan menutup lubang pembuangan pada radiator kemudian buka lubang bleeding lalu isikan air coolant melalui pengisian pada radiator.

Source: original - mautaumobil.com

Isi air coolant sampai air yang keluar dari lubang bleeding sesuai dengan warna air coolant. Setelah air coolant keluar dari lubang bleeding, tutup lubang bleeding dan hidupkan mesin beberapa saat. Pastikan kondisi temperatur mesin tidak melampaui batas maksimal, jika terjadi overheat langsung matikan mesin dan lakukan kembali proses bleeding deng membuka lubang bleeding dan pastikan sudah tidak ada gelembung udara yang keluar dari lubang bleeding. 
Langkah terakhir adalah pastikan kondisi air coolant sudah cukup dan pasang kembali semua komponen yang mungkin dilepas saat proses kuras radiator. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar. 

Jika anda ingin melakukan perawatan, perbaikan ataupun konsultasi tetang mobil, anda dapat menghubungi otosiaga untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda. Silahkan hubungi otosiaga melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 


Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Cara kuras radiator Toyota Avanza 2008"