Teori dan cara kerja Electro-mechanical power steering with dual pinion


Source: SSP-VW

Electronic mechanical power steering atau kadang disebut juga sebagai EPS merupakan sistem power steering yang menggunakan motor sebagai komponen utama untuk membantu menggerakkan steering agar menjadi lebih ringan, hal ini berbeda beda dengan hidrolik power steering yang menggunakan fluida untuk menambah gaya putar dari power steering. Sistem electric power steering mempunyai lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan ingin hidrolik power steering seperti kenyamanan saat dioperasikan, minim perawatan, serta dilengkapi dengan sistem yang dapat menentukan kapan asistensi power steering dibutuhkan oleh pengendara. 

Electronic power steering dilengkapi dengan beberapa sensor yang saling berhubungan seperti sensor sudut kemudian, sensor momen, dan terintegrasi juga dengan sensor kecepatan kendaraan. Dengan sensor tersebut, sistem electric power steering dapat mendeteksi kecepatan kendaraan, menentukan torsi steer dan juga menghitung sudut steer saat diputar, dengan data tersebut control unit power steering akan menentukan kapan momen power steering dibutuhkan. Dengan demikian sistem electronic akan menjadi lebih berat ketika kecepatan kendaraan tinggi dan steer akan menjadi lebih ringan ketika mobil berjalan pelan ataupun diam. 

Komponen electronic power steering

1. Steering wheel
Steering wheel atau roda kemudi berfungsi untuk memutar atau merubah gerakan dari steering gear sehingga kendaraan dapat berbelok ke kanan dan ke kiri. 

2. Steering angel sensor
Steering angel sensor merupakan komponen yang cukup penting pada sistem electric power steering, sensor ini berfungsi untuk membaca sudut putaran dari steering wheel. Dengan demikian control unit dapat mengatur gerakan dari motor power steering agar sesuai dengan sudut belokan yang dibutuhkan. 

3. Steering coloumn
Steering coloumn merupakan poros utama yang digunakan pada power steering. Steering coloumn meneruskan putaran pada steering wheel kemudian meneruskannya ke steering gear. 

4. Steering moment sensor
Steering moment sensor merupakan sensor yang berfungsi untuk mengetahui momen putar yang terjadi ketika steering wheel diputar. Dengan menggunakan data dari steering moment sensor, control module dapat menentukan putaran motor yang sesuai dengan momen yang dibutuhkan ketika kendaraan sedang berbelok. 

5. Steering gear
Steering gear adalah komponen yang berfungsi untuk merubah gerak putar dari steering wheel menjadi gerak linier ke kanan ataupun ke kiri. Dengan demikian gerakan dari steering gear tersebut akan mendorong ataupun menarik knuckle arm sehingga roda dapat bergerak ke kanan dan ke kiri. 

6. Motor
Motor atau dinamo pada sistem electric power steering mempunyai peranan utama dalam sistem power steering, motor ini adalah komponen yang membatu gerakan steering agar lebih ringan. Putaran motor ditentukan oleh putaran steering dan juga input data dari sensor sensor pada sistem electric power steeting. 

7. Power steering control module
Control module pada sistem electric power steering berfungsi sebagai pusat kendali dari sistem EPS. di dalam control module, setiap data yang berasal dari sensor akan diolah secara komputer dan akan digunakan sebagai acuan untuk mengatur kerja dari motor power steering. Control module juga akan menyimpan data data jika terjadi kerusakan, sehingga pada saat terjadi kerusakan, sistem power steering akan meminimalkan resiko jika terjadi malfungsi dari salah satu sistem ataupun sensor yang ada pada sistem EPS. 
Sekian artikel pada kesempatan kali ini semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar. 

Diagram komunikasi pada sistem electric power steering

Source: SSP-VW

Jika anda ingin melakukan perawatan, perbaikan ataupun konsultasi tetang mobil, anda dapat menghubungi otosiaga.id untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda. Saat ini otosiaga.id baru mengcover daerah jabodetabek saja.

Silahkan hubungi otosiaga.id melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 


Sekian artikel pada kesempatan kali ini semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Cek juga instagram mautaumobilcom di @mautaumobil disana kami juga share informasi seputar otomotif.

Terimakasih. 

Tidak ada komentar untuk "Teori dan cara kerja Electro-mechanical power steering with dual pinion"