Penyebab New Chevrolet Trax tiba tiba mati dan tidak bisa start

Source: original - mautaumobil.com

Pada kesempatan kali ini mautaumobil.com akan sharing pengalaman kasus New Chevrolet Trax mengalami masalah tiba tiba mesin mati mendadak kemudian tidak bisa distart kembali. Awal mulai pemilik kendaraan tidak merasakan gejala apapun pada mobil, namun tiba tiba mesin mobil mendadak mati dan ketika distart tidak ada tanda tanda terjadi cranking.
Setelah diperiksa menggunakan scanner diketahui terdapat error atau DTC pada ECM yaitu P0615 dan P0617. Kedua DTC tersebut merupakan kode error yang berkaitan pada sistem relay starter. Kemudian pastikan tidak ada DTC lain pada sistem kelistrikan yang dapat mempengaruhi proses cranking seperti immobilizer, PNP switch, start button, BCM dan lain sebagainya. 

Source: original - mautaumobil.com

Setelah mengetahui DTC dan memastikan tidak ada DTC lain, selanjutnya dilakukan pemeriksaan pada relay starter dan jalur kabel relay starter. 

Langkah pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan secara visual komponen komponen sistem starter mulai dari motor stater, fusebox, ground ground dan shocket shocket pastikan semuanya terhubung. Setelah dipastikan secara visual tidak terdapat komponen yang aneh ataupun kabel kabel atau ground yang kendor, selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan dan pengukuran kelistrikan.

Pemeriksaan yang selanjutnya adalah pemeriksaan pada fungsi relay starter, pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan kerja dari komponen relay stater normal atau tidak. Pemeriksaan kerja relay dilakukan dengan cara memberikan tegangan langsung dengan kabel pada terminal 85 dan 86 relay, jika relay dalam keadaan normal maka akan muncul bunyi relay saat kabel dihubungkan ke baterai, dan juga terminal 30 dan 87 relay akan terhubung jika diukur dengan multitester. Untuk lebih meyakinkan, bisa dilakukan penggantian relay dengan komponen relay baru. Setelah dicoba menggunakan relay starter baru, hasilnya tetap mobil tidak mau start, dari hal tersebut kita dapat ambil kesimpulan bahwa komponen relay starter dalam kondisi bagus. Dikarenakan kondisi relay dapat dipastikan bagus, selanjutnya adalah pemeriksaan pada kabel kabel relay starter. 

Untuk mengukur jalur kabel dari sistem starter relay dibutuhkan panduan yaitu berupa diagram kelistrikan, berikut contoh dari diagram kelistrikan motor starter. 

Source: original - mautaumobil.com

Pemeriksaan jalur kabel relay starter dilakukan dengan mengukur kabel positif terminal 30 relay dan ground terminal 86 menggunakan multitester, diketahui hasil pengukuran menunjukan hasil normal yaitu terdapat voltase sebesar 12.4V pada terminal 30 relay starter yang artinya tegangan standby relay pada terminal 30 dan ground relay pada terminal 86 dalam kondisi normal. Setelah mengukur terminal 30 dan ground terminal 86 relay, selanjutnya adalah mengukur terminal 87. Untuk mengukur terminal 87 adalah dengan menggunakan multitester set pada ohm, hubungkan multitester pada terminal 87 dan shocket motor starter, hasil dari pengukuran tersebut menunjukan 0.000 ohm yang artinya konektifitas pada terminal 87 dan shocket motor starter normal. 

Pemeriksaan selanjutnya adalah pemeriksaan pada trigger dari ECM ke terminal 85, untuk memeriksa tegangan output trigger dari ECM menggunakan multitester set pada skala ohm, kemudian tempatkan multitester pada terminal 85 relay starter dan ground kemudian lakukan start. Jika trigger dari ECM normal, maka terminal 85 akan mengeluarkan tegangan antara 9-12 volt. Akan tetapi pada pengukuran kali ini terlihat bahwa tidak ada tegangan yang keluar dari terminal 85 yang artinya tidak ada  trigger start dari ECM. 

Dari hal tersebut kemungkinan sudah mengerucut pada kerusakan ECM, terakhir tinggal memastikan continuitas pada kabel terminal relay 85 dan shocket ECM. Hasil pengukuran continuitas bagus yang artinya dapat kita simpulkan bahwa kerusakan terjadi pada ECM. Setelah memastikan kerusakan terjadi pada ECM yang tidak mengeluarkan tegangan trigger untuk mengaktifkan relay starter, selanjutnya adalah melakukan penggantian ECM dan lakukan programing pada ECM yang baru. Setelah selesai programing ECM dan immobilzer learning dan hasilnya sukses, mesin mobil sudah kembali menyala normal. 

Jika anda mengalami masalah yang serupa, anda dapat menghubungi otosiaga.id untuk konsultasi atau melakukan pemeriksaan di lokasi anda. Saat ini otosiaga.id baru mengcover daerah jabodetabek saja.
Silahkan hubungi otosiaga.id melalui website: www.otosiaga.id atau melalui no. Telephone: 0895345455127 atau juga dapat menghubungi melalui whatsapp dengan klik tombol link di bawah. 


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. Cek juga instagram mautaumobilcom di @mautaumobil disana kami juga share informasi seputar otomotif.

Terimakasih. 

Tidak ada komentar untuk "Penyebab New Chevrolet Trax tiba tiba mati dan tidak bisa start"