Penyebab bunyi kaki kaki mobil saat jalan tidak rata

     Seiring dengan umur pemakaian kendaraan maka komponen komponen kendaraan juga akan mengalami kerusakan seperti bagian mesin, body, ataupun kaki kaki. Masalah yang sering dikeluhkan oleh pemilik mobil pada usia pemakaian mobil yang sudah lama salah satunya adalah bunyi bunyi pada bagian kaki kaki mobil seperti bunyi duk duk, kletek kletek, tek tek dan lain sebagainya. Biasanya masalah bunyi bunyi kaki kaki ini akan muncul jika mobil melewati jalan yang tidak rata ataupun bergelombang. Mungkin bagi sebagian orang ada yang tidak mempermasalahkan bunyi bunyi tersebut kendati demikian banyak juga orang yang merasa terganggu dengan adanya bunyi bunyi yang muncul ketika mengendarai mobil. Bunyi yang disebabkan oleh komponen kaki kaki bermacam macam tergantung dari komponen apa yang mengalami kerusakan. Berikut ini adalah beberapa komponen kaki kaki mobil yang sering mengalami bunyi bunyi ketika melewati jalanan yang tidak rata. 

1. Shockbreaker

Shockbreaker adalah komponen yang berfungsi untuk meredam getaran atau goncangan ketika menemui medan yang bergelombang serta menjaga mobil agar tetap stabil ketika terkena goncangan tersebut. Ketika shockbreaker mengalami kerusakan ataupun kebocoran, gejala yang  antara lain bantingan terasa keras, mobil amblas, limbung serta mobil menjadi tidak stabil. Gejala tersebut biasanya disertai dengan bunyi dug dug ketika melewati polisi tidur ataupun jalan berlubang. Secara fisik ciri ciri shockbreaker yang mengalami kerusakan biasanya ditandai dengan kebocoran oli pada shockbreaker, kerusakan pada peredam ataupun karet penutup debu. Shockbreaker yang sudah mulai mengalami gejala kerusakan sebaiknya dilakukan penggantian komponen agar mobil tetap nyaman saat dikendarai. 

Source: original - mautaumobil.com

2. Link Stabilizer

Link stabilizer mempunyai fungsi sebagai penghubung antara stabilizer bar dan shockbreaker, yang mana sistem tersebut bertujuan agar mobil tetap stabil dan tidak terjadi body roll saat menikung. Karena kerja dari stabilizer yang terus menerus, dapat mengakibatkan komponen link stabilizer mengalami kerusakan yang dapat menimbulkan suara bunyi gluduk gluduk saat melewati jalan yang tidak rata. Link stabilizer terdiri dari dua buah joint yang menghubungkan shockbreaker dan stabilizer bar. Seiring pemakaian kendaraan joint tersebut semakin lama akan semakin aus sehingga akan menimbulkan bunyi bunyi pada kaki kaki kendaraan. Jika diketahui ada indikasi kerusakan pada link stabilizer, sebaiknya segera lakukan perbaikan agar mobil tetap nyaman saat dikendarai. 

Source: original - mautaumobil.com

3. Bushing arm

Bushing arm merupakan komponen yang berfungsi sebagai penghubung atau dudukan antara arm dan body mobil. Bushing arm biasanya terbuat dari karet, hal ini bertujuan agar bushing arm dapat meredam getaran yang terjadi pada arm mobil ketika mobil melewati jalan yang tidak rata, tentu saja hal ini dilakukan guna meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Pada mobil mobil tipe passenger kecil, biasanya pada sebuah arm hanya terpasang 2 buah bushing arm yaitu di bagian depan arm (bushing kecil) dan satu lagi di bagian belakang arm (bushing besar). Pada mobil mobil premium biasanya jumlah bushing arm akan lebih banyak karena struktur arm pada mobil mobil tipe premium lebih rumit dibanding mobil passenger standar. Kerusakan pada bushing arm ditandai dengan adanya bunyi saat mobil melewati jalan yang tidak rata dan juga pada saat melakukan pengereman. Secara fisik kerusakan bushing arm dapat diketahui dengan melihat karet bushing, jika karet mengalami retak atau pecah menandakan bahwa bushing arm harus segera diganti. Jika menemukan kondisi bushing demikian, sebaiknya segera lakukan perbaikan agar kendaraan tetap nyaman saat dikendarai. 

Source: original - mautaumobil.com

4. Ball joint

Ball joint memiliki fungsi sebagai penghubung antara arm dan knuckle roda, selain itu juga ball joint berfungsi sebagai sumbu putar roda ketika sedang berbelok ke kanan maupun ke kiri. Mengingat ball joint mempunyai fungsi yang penting, pengecekan ball joint harus rutin dilakukan. Untuk memeriksa ball joint secara fisik bisa dilihat dari karet boot yang melindungi ball joint, jika karet tersebut robek atau pecah sebaiknya pertimbangkan untuk melakukan pergantian. Selain dengan cek secara fisik, kita juga dapat memeriksa kondisi ball joint dengan cara mendongkrak mobil kemudian gerakan roda ataupun goyang dengan tangan ke atas dan kebawah serta ke kanan dan ke kiri. Jika dirasakan terdapat gap ataupun bunyi, kemungkinan ball joint mengalami kerusakan.
 

5. Tie rod end dan Long tie rod

Tie rod dan long tie rod end merupakan bagian dari komponen steering gear yang berfungsi untuk menarik roda agar dapat berbelok ke kanan dan ke kiri. Long tie rod merupakan batang panjang yang terhubung dengan steering gear, sedangkan tie rod end merupakan ujung dari long tie rod yang langsung berhubungan dengan knuckle arm. Jika tie rod maupun tie rod end mengalami kerusakan, maka dapat menimbulkan bunyi ketika mobil melewati jalan yang tidak rata. Selain bunyi bunyi, gejala yang ditimbulkan oleh kerusakan pada tie rod end maupun long tie rod adalah adanya ketidak normalan saat stir dioperasikan seperti steer narik, terdapat bunyi saat digerakkan ataupun ada gapapa yang jauh saat steering diputar. Pada beberapa jenis mobil mungkin penggantian long tie rod dan tie rod end hanya dapat dilakukan dengan mengganti satu set dengan steering rack, tetapi beberapa jenis mobil juga menyediakan part long tie rod dan tie rod end secara terpisah. 

Source: original - mautaumobil.com


Selain kelima komponen di atas, masih banyak komponen lain yang dapat menyebabkan bunyi bunyi kaki kaki mobil, komponen di atas hanya merupakan gambaran secara umum komponen kaki kaki yang sering mengalami kerusakan berdasarkan pengalaman dari beberapa jenis kendaraan. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah. Cek juga instagram mautaumobilcom di @mautaumobil di sana kami juga share informasi seputar otomotif.

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Penyebab bunyi kaki kaki mobil saat jalan tidak rata"