Penyebab mobil ngebul

 
  Beberapa pemilik kendaraan roda empat sering mengeluhkan kendaraan mereka banyak asap yang keluar dari knalpot. Sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi mobil menjadi berasap pekat, mulai dari penggunaan bahan bakar, komponen mesin kotor, ataupun terjadi masalah pada komponen mesin tertentu sehingga mengakibatkan pembakaran mesin menjadi tidak sempurna yang akhirnya menjadikan knalpot ngebul.

    Penyebab pertama yang akan kita bahas adalah penggunaan bahan bakar. pada mobil mobil dengan spesifikasi mesin tinggi sangat direkomendasikan menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi. Memang pada awal awal penggunaan bahan bakar berkualitas rendah tidak banyak berefek pada kinerja mesin, tetapi dalam jangka panjang pasti efeknya akan sangat terlihat, apalagi untuk mobil bermesin diesel. Mesin diesel memang rata rata mengeluarkan asap agak pekat tetapi dengan melakukan pemilihan
bahan bakar yang bagus akan mengurangi asap yang berlebihan. Penyebab kedua adalah adanya kotoran pada komponen mesin seperti ruang bakar, intake manifold, ataupun kotoran pada injector terutama mesin diesel. kotoran tersebut tentu saja akan memperngaruhi kondisi pembakaran sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna dan mengakibatkan mobil menjadi berasap. Dan penyebab yang mungkin terjadi yang lain adalah kerusakan pada komponen mesin seperti injector yang rusak, ring piston ataupun engine block yang sudah aus, ataupun kebocoran pada seal valve. Untuk mobil diesel memang injector merupakan komponen yang sangat berperan penting dalam melakukan pembakaran solar, jadi apabila injector tersebut rusak efek yang ditimbulkan salah satunya adalah asap knalpot menjadi ngebul.

  Pada kasus kasus mobil yang mengeluarka banyak asap berwarna putih kemungkinan yang terjadi adalah karena masuknya oli kedalam ruang bakar dan oli tersebut ikut terbakar sehingga asap yang di keluarkan oleh knalpot menjadi berwarna putih, penyebab masuknya oli kedalam ruang bakar bermacam macam seperti yang telah di jelaskan diatas bisa disebabkan oleh block engine aus, piston aus, ring piston aus, kebocoran seal valve dan sebagainya.

    Untuk pencegahan agar mesin mobil tidak berasap bisa dilakukan dengan hal hal yang sederhana, misalnya menggunakan bahan bakar yang berkualitas bagus, melakukan service rutin berkala seperti ganti oli dan filter filter sehingga kondisi mesin tetap terjaga prima, ataupun bisa dilakukan pembersihan terhadap ruang bakar menggunakan engine conditioner cleaner untuk mobil diesel dan engin diesel purge untuk mobil diesel. hal ini akan sangat membantu mengurangi resiko terjadinya asap knalpot ngebul, tetapi yang namanya mesin tak bisa lepas dari masalah, jika kondisi mesin masih ngebul meskipun sudah melakukan berbagai macam cara pencegahan sebaiknya mobil di bawa ke bengkel terpercaya untuk di periksa lebih lanjut. semoga artikel ini bisa bermanfaat, apabila ada kesalahan penulisan kami mohon maaf. terimakasih 

Tidak ada komentar untuk "Penyebab mobil ngebul"