Masalah mobil mogok, yakin motor starter rusak?



     Banyak orang memvonis kerusakan pada motor starter jika menemukan kasus mobil tidak bisa hidup, hal ini dapat dikatakan ada benarnya, akan tetapi kita juga harus memastikan komponen lain tidak mengalami kerusakan sehingga meminimalisir kesalahan analisa. 

   seperti kita ketahui bahwa fungsi motor starter pada mobil adalah sebagai pemicu putaran mesin. Tentu saja jika tidak ada motor starter mobil tidak bisa hidup, kecuali untuk mobil yang masih menggunakan sistem engkol sebagai pemicunya.

      Motor starter berputar menggunakan daya yang dikeluarkan oleh baterai. seringkali motor starter mengalami masalah sehingga mengakibatkan mobil menjadi mogok, penyebabnya bisa bermacam macam bisa dari motornya sendiri yang rusak, dari solenoid starter juga bisa, atau seperti pada gambar disamping yaitu terbakar dikarenakan bad connection yang terjadi antara kabel (+) baterai dengan terminal 30 motor starter. gejala awal yang terjadi jika terjadi masalah pada motor sterter yang pertama seperti kita ketahui mobil tidak akan hidup, dan untuk beberapa kasus mobil terjadi bunyi ctek-ctek ataupun seperti loss saat distarter. tetapi jika terjadi seperti demikian belum tentu juga masalahnya berasal dari motor starter, bisa juga dari tegangan baterai
yang yang drop, open circuit pada sistem starter, terjadi kerusakan atau masalah pada PNP switch (mobil matic), ataupun juga masalah dari sistem immobilizer yang ditandai dengan indikator mobil dan kunci gembok menyala. memang jika mobil mogok tidak bisa distarter banyak kemungkinan yang yang menjadi penyebabnya, tetapi penyebab yang paling umum adalah dikarenakan tegangan aki/baterai yang drop dan motor starter itu sendiri yang rusak. penanganan darurat yang bisa dilakukan pertama adalah melihat kondisi terminal baterai apakah ada masalah atau kekendoran pada kepala baterai, jika kondisi bagus bisa dilakukan hal selanjutnya yaitu jika mobil tersebut menggunakan transmisi manual bisa didorong untuk menghidupkan mesin, untuk mobil matic tidak bisa dilakukan hal demikian, dan apabila langkah tersebut tidak berhasil langkah terakhir adalah memanggil teknisi kepercayaan anda. demikian artikel ini saya buat untuk berbagi informasi, semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Masalah mobil mogok, yakin motor starter rusak?"