App sensor performance



   Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang APP sensor (Accelerator pedal position sensor). Mungkin beberapa kalian sudah kenal yang namanya APP sensor, yup.. yaitu sensor yang bertugas membaca
posisi pedal gas, yang nantinya pembacaan tersebut akan dikirimkan melaui signal ke ECU (electronic control unit) dan nantinya ECU tersebut akan memberikan output perintah kepada Throttle actuator untuk melakukan pembukaan katup throttle sesuai dengan signal yang dikirimkan oleh APP sensor.

      Dalam proses kerjanya APP sensor juga tak luput dari namanya masalah. Efek yang ditimbulkan jika APP sensor bermasalah bermacam macam, mulai dari lost power engine saat akselerasi, RPM mesin tidak stabil, dan untuk beberapa kasus bisa juga mengakibatkan mesin susah hidup saat awal starter. penyebab terganggunya sistem APP sensor bermacam macam bisa dari sensor APP sendiri yang mungkin sudah bermasalah, dari kabel penghubung APP sensor ke ECU yang mungkin mengalami bad connection,
ataupun pada beberapa kasus masalah terjadi karena kerusakan pada ECU. gambar tersebut merupakan salah satu DTC yang mungkin dimunculkan apabila terjadi masalah pada sistem APP sensor. dari pembacaan tersebut dapat dilihat bahwa terjadi masalah pada APP sensor terutama APP sensor 1, dan status DTC tesebut adalah Failed/Current atau terus menerus terjadi. 



Gamabar diatas adalah gambar data yang ditampilkan oleh mesin, disitu terlihat bahwa tegangan APP sensor yang terbaca oleh ECU adalah 3,33 volt sedangkan seharusnya pembacaan ECU jika dilangsungkan antara referensi 5 volt yang di keluarkan ECU dengan signal, maka harusnya yang terbaca adalah tetap 5 volt, karena dilangsungkan dan tidak melalui APP sensor.

     Jadi pada kasus ini penyebab masalah timbulnya DTC yang menyebabkan check engine menyala adalah kerusakan pada pembacaan signal oleh ECU, yang berarti terjadi kerusakan komponen internal dalam ECU itu sendiri. maka solusinya adalah menservis ECU tersebut atau jika ingin lebih safety maka ECU tersebut harus diganti.

Tidak ada komentar untuk "App sensor performance"